Trenggalek (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur kembali mengusulkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum partai berlambang banteng moncong putih itu untuk periode 2010-2015.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris DPD PDIP Jatim Kusnadi, Kamis, usai menghadiri rapat kerja cabang khusus (Rakercabsus) DPC PDIP Trenggalek.

"Sekarang kami tengah melakukan konsolidasi organisasi untuk menyosialisasikan kebijakan DPD PDIP Jatim tersebut," kata Kusnadi.

Selain mendukung pencalonan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum DPP PDIP untuk periode kepengurusan 2010-2015, PDIP Jatim juga kembali mengusulkan Sirmaji sebagai ketua DPD PDIP.

Kusnadi menjelaskan, mengerucutnya nama Megawati sebagai calon Ketua Umum DPP PDIP serta Sirmaji sebagai calon Ketua DPD PDIP untuk masa kepengurusan 2010-2015 merupakan keputusan internal DPD PDIP.

Nama keduanya akan diusulkan saat Kongres PDIP yang rencananya digelar pertengahan Maret 2010.

Untuk mendukung keputusan itu, saat ini pengurus DPD PDIP terus melakukan "gerilya politik" ke daerah-daerah untuk menyatukan persepsi dukungan hingga ke tingkat pengurus anak cabang (PAC) yang ada di setiap kecamatan.

"Kami sudah melakukan konsolidasi di 23 cabang di kabupaten/kota dan semuanya sepakat untuk mengusung Bu Mega dan Pak Sirmaji," kata Kusnadi.

Mengenai kepemimpinan di tingkat dewan pimpinan cabang (DPC), Kusnadi mengatakan bahwa DPD menyerahkan sepenuhnya keputusan di masing-masing kepengurusan yang ada di daerah.

Dia hanya mengisyaratkan bahwa DPD PDIP akan mendukung apapun yang menjadi keinginan massa PDIP di daerah.

"Jika kepemimpinan yang lama sudah baik, maka tidak masalah untuk dipilih kembali, tetapi seandainya memang ada yang lebih baik lagi tentu juga tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan pergantian. Semua kami serahkan pada keputusan masing-masing daerah," katanya.

Konferensi cabang PDIP se-Jatim sesuai jadwal akan digelar selama sepuluh hari, yakni mulai tanggal 17 Januari hingga 27 Januari 2010. Konfercab itu rencananya diselenggarakan secara bergilir.

Dari 38 DPC PDIP yang ada di kabupaten/kota se-Jatim, diperkirakan setiap hari akan digelar konfercab DPC PDIP di tiga sampai empat daerah berbeda.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009