Gresik (ANTARA News) - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsudin menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini dinilai paling berkompeten menangani kasus Century dibanding kepolisian dan kejaksaan.

"Saya berharap, kasus ini diproses secara hukum, dan KPK yang paling kompeten menangani kasus Century di ranah hukum," kata Din Syamsudin saat mengadiri Milad Satu Abad Muhammadiyah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Gresik, Jatim, Sabtu.

Ia beragumentasi bahwa KPK yang paling berkompeten lantaran citra kepolisian dan kejaksaan sekarang menurun di mata rakyat. Kendati demikian, KPK harus bekerja sesuai dengan hati nurani atau berpegang teguh pada kejujuran.

Din Syamsudin mengkhawatirkan, apabila skandal Century ini tidak diselesaikan dengan cepat, para pelaku bakal melakukan pengamanan.

"Saya khawatir pihak-pihak yang diindikasikan nanti akan melakukan pengamanan dengan membuang bukti-bukti atau dokumen, atau malakukan penekanan," katanya.

Selain itu, ia juga meminta kasus dana talangan Bank Century ini diusut dengan cepat dan tuntas melewati jalur politik.

"Saya berharap panitia angket di DPR tidak `masuk angin,` DPR harus mampu bekerja sebagai lembaga yang mewakili rakyat," katanya.

Menurut Din Syamsudin, kasus Century ini adalah kejahatan terhadap rakyat, yang selajutnya kasus ini dimanfaatkan untuk kepentingan politik.

"Kasus Cetury ini adalah perampokan uang rakyat yang terencana," katanya.

Terkait aksi tandingan yang digelar sejumlah oknum untuk melakukan dukungan bagi pihak-pihak yang saat ini sedang diperiksa, Din Syamsudin menilai hal itu tidak perlu.

"Apabila mereka benar-benar tidak terlibat, tidak perlu mereka khawatir. Tapi sebaliknya, apabila ada pihak yang khawatir kami malah curiga," katanya.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009