London (ANTARA News/AFP) - Tugas Roberto Mancini sebagai manajer Manchester City diawali dengan kemenangan, namun pada saat yang sama menjadi hari kekecewaan bagi pelatih yang juga asal Italia Carlo Ancelotti saat pemimpin klasemen Liga Utama Inggris Chelsea ditahan imbang tanpa gol oleh Birmingham, Sabtu.

Pertandingan pertama City sejak kepindahan Mancini menggantikan Mark Hughes secara kontroversial berakhir dengan kemenangan 2-0 atas Stoke, yang mengangkat tim tersebut kembali terpaut tiga poin dari empat tim teratas yang ditargetkan oleh manajer baru mereka asal Italia itu.

Hasilnya hampir tidak lebih baik bagi mantan bos Inter Milan itu, yang dengan hangat diterima oleh fans, sebelum tercipta gol-gol dari pemain sayap asal Bulgaria Martin Petrov dan Carlos Tevez, yang memastikan ketiga poin.

"Saya sangat senang karena kami menang dalam pertandingan yang sulit," kata Mancini. "Para pemain luar biasa. Kami bekerja sama baru lima hari dan kami harus berkembang tetapi ini awal yang bagus."

Sementara itu Ancelotti berjuang untuk meletakkan keyakinan positif pada penampilan timnya setelah bermain imbang sehingga membuat Chelsea hanya meraih satu kemenangan dalam tujuh pertandingan dalam seluruh kompetisi dan memperpanjang laju tak terkalahkan yang diraih Birmingham dalam liga menjadi 10 pertandingan.

"Kami mempunyai banyak peluang, menunjukkan hati yang sangat baik dan penjaga gawang Birmingham melakukan penyelamatan dengan sangat baik," kata Ancelotti. "Kami kecewa dengan hasilnya tetapi tidak untuk penampilan tim."

Penjaga gawang Birmingham Joe Hart sangat membantu tim asuhan Alex McLeish meraih poin mereka dengan serangkaian penyelamatan bagus tetapi Ancelotti akan memperhatikan kurangnya gol dari tim asuhannya saat ia mempersiapkan diri sebulan tanpa dua penyerang Didier Drogba dan Salomon Kalou, yang akan bisa ditampilkan dalam pertandingan Senin melawan Fulham sebelum mengikuti Piala Afrika di Angola.

Hasil dari kebuntuan di St Andrew itu adalah Manchester United bisa memotong kepemimpinan Chelsea di puncak klasemen hingga selisih dua poin dengan mengalahkan Hull do KC Stadium pada Minggu.

Dengan pertemuan Aston Villa melawan Arsenal juga dijadwalkan pada Minggu, Tottenham mendapat peluang untuk naik ke urutan ketiga dalam klasemen.

Tetapi tim asuhan Harry Redknapp bisa mengumpulkan tidak lebih dari hasil imbang tanpa gol dari perjalanan mereka dari London ke Fulham.

Tim tuan rumah hampir memecah kebuntuan berkat tendangan bebas Clint Dempsey, yang membentur mistar gawang pada pertengahan babak pertama.

Tetapi Spurs lah yang tampaknya akan merebut poin dengan hanya mengandalkan penampilan bagus dari penjaga gawang asal Australia Mark Schwarzer untuk mempertahankan skor tetap sama.

West Ham keluar dari zona degradasi dengan kemenangan 2-0 atas sesama tim yang terseok-seok Portsmouth.

Tim Gianfranco Zola itu mengawali hari dengan hanya satu poin di atas tim terbawah Pompey tetapi gol dari Alessandro Diamanti, yang menempatkan tuan rumah memimpin dengan penalti pada babak pertama, dan Radoslav Kovac memungkinkan Hammers meningkatkan harapan mereka menghindari degradasi.

Sundulan David Nugent membawa Burnley meraih hasil imbang 1-1 dalam pertandingan derbi Lancashire dengan Bolton, yang memimpin lebih dulu melalui tendangan bebas Matthew Taylor pada babak pertama. Bolton tetap berada di posisi tiga terbawah sementara Burnley unggul tiga poin dari zona degradasi.

Gol Marouane Fellaini, yang menyamakan kedudukan, memungkinan Everton, yang sedang didera cedera, untuk mencuri satu poin di kandang Sunderland, yang telah memimpin lebih dulu pada babak pertama melalui gol sundulan Darren Bent yang menjadi gol ke-11 penyerang Inggris tersebut musim ini.

Gol pertama Benni McCarthy pada liga musim ini dibalas oleh sundulan Hugo Rodallega saat Wigan bangkit dari ketertinggalan untuk memastikan hasil imbang 1-1 melawan Blackburn Rovers.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009