Banjarmasin (ANTARA) - Pengibaran bendera Merah Putih terpanjang di Kalimantan berhasil dilakukan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan tepatnya di dinding bangunan Aston Banua Hotel Kecamatan Gambut, Senin.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur serta undangan lainnya turut menyaksikan langsung pengibaran bendara Merah Putih tersebut yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI.  

Bendera berukuran besar dengan panjang 100 meter dan lebar 6,5 meter itu dikibarkan dua prajurit TNI yakni Kapten Adrie dan Sersan Mayor Husairi diiringi lagu penuh semangat "Gebyar-Gebyar".

Baca juga: Masyarakat Pujurahayu Pasaman Barat upacara bendera di tengah sawah

Pengibaran bendera dengan posisi vertikal itu dilakukan dua prajurit TNI yang dengan kompak menapaki atas bangunan Aston Banua Hotel hingga turun ke lantai bagian bawah, disertai tepuk tangan meriah undangan.

Komandan Kodim 1006/Martapura Letnan Kolonel (Arm) Siswo Budiarto mengatakan, pengibaran bendera itu untuk menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat di tengah kondisi sulit akibat pandemi COVID-19.

"Maksud pengibaran bendera adalah menyampaikan pesan khusus kepada masyarakat Kalsel dan Indonesia umumnya untuk bangkit dan tidak menyerah menghadapi COVID-19 dan mari kita perangi bersama," tegasnya.

Ia juga mengatakan, mengibarkan bendera dari puncak paling atas bangunan hotel tidak semudah dibayangkan karena selain membutuhkan satu keberanian, juga semangat dan tekad yang kuat serta kebersamaan.

Ditekankannya, pengibaran bendera yang dilakukan dua prajurit TNI merupakan momentum mengajak masyarakat menerapkan disiplin tinggi menaati penerapan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

Baca juga: Bendera berukuran besar dibentangkan di Situ Gede Tasikmalaya

"Pencegahan penularan COVID-19 bisa dilakukan dengan menjalankan setiap tahapan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak fisik," ucapnya.

General Manager Aston Banua Hotel Andri Kurniawan mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih terpanjang itu merupakan ide Dandim 1006/Martapura sebagai momentum melawan COVID-19.

"Kami sangat mendukung ide Dandim karena menunjukkan perlawanan yang tinggi terhadap penyebaran COVID-19 khususnya di Kabupaten Banjar dan Kalsel pada umumnya sehingga kami mengapresiasi upaya itu," katanya.

Sementara itu, pengibaran bendera Merah Putih terpanjang disiapkan sekitar 1 minggu terakhir dan momen penurunan bendera dari atas gedung menyedot masyarakat dan pengguna Jalan Jenderal A Yani Km 11,8.

Selain pengibaran bendera terpanjang, juga diselenggarakan parade budaya pakaian adat se-nusantara di area hotel dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-75  RI yang diikuti karyawan hotel.

Baca juga: Mahasiswa Untidar kibarkan bendera ukuran besar di Jembatan Blondo
Baca juga: Charlene Junus terharu masker buatannya dipakai Wakil Presiden
Baca juga: HUT ke-75 RI, Menaker ajak wujudkan Indonesia jadi negara terbaik

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020