Untuk internal Polri, kami dari awal sudah menekankan
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana menggelar inspeksi disiplin protokol kesehatan kepada personel kepolisian yang bertugas di Mako Polda Metro Jaya, Selasa.

"Polda Metro Jaya sesuai arahan Kapolri lebih meningkatkan secara masif upaya-upaya baik itu pendisiplinan internal Polri maupun pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat. Untuk internal Polri, kami dari awal sudah menekankan," kata Irjen Nana di Mako Polda Metro Jaya, Selasa.

Irjen Nana mengatakan ada tiga fokus utama dalam inspeksi disiplin protokol kesehatan yakni, penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

"Ada 3 hal, seluruh anggota harus memakai masker, selalu cuci tangan setiap kegiatan, misal anggota tersebut pegang sesuatu jangan sampai tangan yang pegang barang kemudian pegang muka, yang ketiga adalah jaga jarak," kata Nana.

Baca juga: Pejabat kepolisian diminta lebih serius laksanakan protokol kesehatan

Pendisiplinan protokol kesehatan ini dikhususkan kepada personel kepolisian yang akan melaksanakan tugas terkait dengan penanganan maupun antisipasi COVID-19.

"Pendisiplinan protokol kesehatan ini khususnya bagi internal anggota Polda Metro Jaya sebelum anggota ini melaksanakan tugas terkait upaya pencegahan dan penanganan penularan COVID-19," ujarnya.

Dia juga mengatakan pendisiplinan protokol kesehatan ini akan dilaksanakan mulai dari tingkat Polda hingga ke Polres dan Polsek. Pendisiplinan juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam pencegahan penularan COVID-19.

Dalam inspeksi yang digelar di Gedung Sabhara Polda Metro Jaya tersebut, Irjen Nana juga secara simbolis mengganti masker anggota dengan masker khusus berlogo TNI-Polri dan mewajibkan seluruh anggotanya untuk menggunakan masker khusus itu.

Baca juga: Rayakan HUT ke-75 RI, Polres Tangerang Kota bagikan bendera dan masker

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020