Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa sore ditutup melemah seiring turunnya kinerja ekspor-impor.

Rupiah ditutup melemah 50 poin atau 0,34 persen menjadi Rp14.845 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.795 per dolar AS.

"Meski neraca perdagangan Indonesia  tidak minus, namun kejatuhan ekspor-impor yang begitu dalam tentu membuat alarm tanda bahaya kembali menyala. Ada kemungkinan pemulihan ekonomi pada kuartal III-2020 akan kembali terkontraksi sehingga harapan terhindar dari resesi akan kembali sirna," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Neraca perdagangan RI Juli 2020 capai 3,26 miliar dolar AS

Bank Indonesia (BI) melaporkan surplus neraca perdagangan Indonesia  pada periode kuartal II 2020 9,2 miliar dolar AS, membaik dibandingkan kuartal sebelumnya yang defisit 8,5 miliar dolar AS.

Namun secara bersamaan Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan impor Indonesia pada Juli 2020 tercatat 10,47 miliar dolar AS, terkontraksi 32,55 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan nilai ekspor Indonesia dilaporkan 13,73 miliar dolar AS, turun 9,9 persen dan membuat neraca perdagangan surplus 3,26 miliar dolar AS.

Dari eksternal pasar merasa lega dengan penundaan peninjauan kesepakatan perdagangan AS-China minggu ini dan memperkuat keyakinan bahwa hubungan perdagangan keduanya dapat bertahan bahkan di tengah konflik di berbagai bidang lainnya.

Baca juga: Rupiah diperkirakan menguat hari ini, ditopang pelemahan dolar AS

Baca juga: BI: Neraca pembayaran triwulan II surplus, topang ketahanan RI


Selain itu pasar juga akan fokus minggu ini pada rilis risalah rapat kebijakan terakhir bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), dan konvensi nominasi Partai Demokrat AS yang tensinya terus memanas.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.763 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.750 per dolar AS hingga Rp14.875 per dolar AS.

Sementara itu kurs tengah Bank Indonesia pada Selasa menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.907 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.917 per dolar AS.

Baca juga: IHSG ditutup menghijau, pasar apresiasi neraca perdagangan Juli

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020