Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas jalan raya utama Kabupaten Karawang, menuju gerbang Tol Karawang Barat, Kamis malam, macet total selama sekitar dua jam pada malam tahun baru 2010, akibat dilintasi masyarakat yang merayakan pesta tahun baru.

Kemacetan terparah terjadi di sepanjang jembatan Bank Jabar Cabang Karawang, Karawang Barat, mencapai lebih dari 1 kilo meter. Akibatnya, banyak kendaraan roda empat yang menuju dan dari gerbang Tol Karawang Barat terjebak macet.

Pantauan ANTARA, selama hampir dua jam terjadinya kemacetan, tidak terlihat aparat kepolisian yang berjaga atau mengatur lalu lintas di titik kemacetan tersebut. Baru setelah lebih dari dua jam, aparat kepolisian berusaha memecah kemacetan tersebut.

"Wah, bisa tahun baru-an di jembatan nih, kalau macet terus. Sudah hampir dua jam saya terjebak macet," kata Adi (28), salah seorang warga Telukjambe, Karawang, di Karawang, Kamis.

Adi mengaku hendak merayakan pesta malam tahun baru di Lapang Karangpawitan bersama sejumlah kawannya. Lapang Karangpawitan dipilih menjadi lokasi tahun baru, karena tempatnya cukup luas dan di pinggir jalan raya utama. Sehingga tidak terlalu padat kendaraan.

Salah seorang pengendara lainnya, Yosi (32), mengaku sudah lebih dari satu jam terjebak macet di jembatan Bank Jabar Cabang Karawang. Akibatnya, perjalanan menuju Jakarta terganggu, karena jalan raya menuju gerbang Tol Karawang Barat macet.

Sementara itu, dalam merayakan pesta malam tahun baru 2010, masyarakat Karawang yang rata-rata menggunakan sepeda motor dan mobil bak terbuka dibagi di sejumlah titik keramaian.

Di antara sejumlah titik keramaian sekitar Karawang yang dijadikan sebagai lokasi perayaan tahun baru 2010 ialah Lapang Karangpawitan, alun-alun Karawang, Perumahan Resinda, dan Perumahan Galuh Mas.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009