Sukabumi (ANTARA News) - Pesta kembang api mewarnai pergantian malam Tahun Baru di Kota Sukabumi, Jawa Barat dan berlangsung antara lain di  Lapangan Merdeka dan Balaikota Sukabumi maupun sejumlah hotel dan cafe, Kamis malam.

Ribuan warga memeriahkan detik-detik tahun baru dengan petasan dan meniup terompet-terompet sebagai tanda Tahun Baru 2010 telah tiba.

Mereka pun melakukan hitungan mundur saat jam akan menunjukan pukul 00.00 WIB untuk menyambut Tahun Baru 2010.

Walikota Sukabumi, Mokh Muslikh Abdussyukur bersama jajarannya serta para Muspida menyambut malam Tahun Baru di Balaikota Sukabumi dengan menyalakan kembang api dan sejumlah acara musik dan lainnya.

"Di awal tahun ini, marilah kita meningkatkan iman dan takwa agar warga Kota Sukabumi cerdas dan sehat, sesuai visi dan misi Kota Sukabumi dapat tercapai," ujarnya.

Sementara itu, sejak Kamis petang, jajaran Satlantas Polresta Sukabumi bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi melakukan rekayasa jalan di sejumlah titik untuk mengantisipasi kemacetan di pusat kota karena banyak warga Kota Sukabumi mengelilingi Kota Sukabumi dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

"Kami mengerahkan 53 personel untuk mengatur arus lalu lintas dan melakukan rekayasa jalan untuk mengantisipasi kemacetan di pusat kota," kata Kepala Dishub Kota Sukabumi, Andri Setiawan.

Dalam rekayasa jalan tersebut, kata dia, kendaraan dari arah barat menuju ke timur (pusat kota) tidak bisa langsung ke Jalan Ahmad Yani, tapi dialihkan ke Jalan Veteran-Jalan Bhayangkara dan menuju ke Jalan R Syamsudin. Begitu pun sebaliknya, dari arah timur kendaraan tidak bisa melewati Jalan RE Martadinata, namun dialihkan ke Jalan Siliwangi, R Syamsudin dan Bhayangkara.

Ia mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan petugas Lantas Polresta Sukabumi untuk mengatur arus lalu lintas di pusat kota yang rawan terjadi kemacetan saat masyarakat Kota Sukabumi memeriahkan malam tahun baru.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010