Yogyakarta (ANTARA News) - Perayaan menyambut tahun baru 2010 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis malam berlangsung aman serta  tidak ada laporan mengenai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang menonjol.

"Sampai dengan detik-detik pergantian tahun, belum ada laporan adanya gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang menonjol, dan secara umum di lima kabupaten/kota di provinsi ini perayaan menyambut tahun baru berlangsung aman," kata Kepala Divisi Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti di Yogyakarta, Jumat dini hari.

Ia mengatakan pusat-pusat tempat berkumpulnya warga masyarakat dalam menyambut pergantian tahun dari 2009 ke 2010 di Kota Yogyakarta di antaranya kawasan Jalan Malioboro, Alun-alun Utara, Taman Pintar, Jalan Urip Sumoharjo, dan Stadion Mandala Krida.

Di Kabupaten Sleman, pusat tempat berkumpulnya warga masyarakat di antaranya objek wisata perbukitan Kaliurang, Kaliadem, dan Ambarrukmo Plasa. Di Kabupaten Bantul konsentrasi massa terbanyak di Pantai Parangtritis.

Ia mengatakan gangguan kamtibmas yang kemungkinan terjadi adalah kecelakaan lalu lintas serta perkelahian antarwarga. "Namun sampai saat ini kami belum menerima laporan adanya kecelakaan lalu lintas maupun perkelahian," katanya.

Anny mengatakan untuk koordinasi pengamanan pada malam tahun baru, Kapolda DIY Brigjen Pol Sunaryono terjun langsung memantau pos-pos pengamanan baik di Kota Yogyakarta maupun Kabupaten Sleman.

"Dalam pemantauan itu juga belum ada laporan mengenai terjadinya gangguan kamtibmas. Semuanya berjalan lancar dan aman, meskipun di sejumlah jalan utama terjadi kemacetan lalu lintas kendaraan," katanya.

Polda DIY dalam pengamanan malam tahun baru menerjunkan 2.700 personel dengan sandi Operasi Lilin Progo 2009 yang digelar mulai 24 Desember lalu hingga 2 Januari 2010.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010