Jakarta, 5/1 (ANTARA)- Tahun Kunjung Museum 2010 bakal meriah. Sebanyak 89 Museum, Asosiasi dan Komunitas Museum yang tersebar di seluruh tahan air telah mempersiapkan kalender kegiatan menarik selama satu tahun mulai dari pameran, seminar, atraksi budaya, pameran foto, apresiasi, hingga menanam pohon.

Misalnya, kegiatan menanam pohon masuk dalam kalender kegiatan 'Rahmat International Wildlife Museum & Gallery' dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Indonesia. Selain itu juga digelar lomba foto dan seminar tentang puspa dan satwa Indonesia yang akan berlangsung pada Januari-November 2010.

Sementara itu Museum Negara Provinsi Sumbar pada Maret-November 2010 mempersiapkan kalender kegiatan antara lain festival permainan tradisional anak se-Sumbar dan atraksi budaya, serta diskusi seputar pelestarian upacaya adat di Minangkabau.

Tahun Kunjung Museum 2010 dicanangkan oleh Menbudpar Ir. Jero Wacik, SE di Balairung Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 30 Desember 2009. Program ini untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap arti penting museum serta meningkatkan jumlah pengunjung museum.

Tahun Kunjung Museum 2010 merupakan bagian dari Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) mulai dilaksanakan pada 2010 hingga 2014 yang merupakan langkah strategis dalam mewujudkan revitalisasi museum di Indonesia sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan sesuai fungsi museum kepada masyarakat.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.




Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010