PDI Perjuangan dinilai suguhkan kandidat layak buat rakyat

PDI Perjuangan dinilai suguhkan kandidat layak buat rakyat

Tangkapan layar Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat memberikan pengarahan kepada 129 calon kepala daerah yang mengikuti Sekolah Partai PDIP secara virtual, di Jakarta, Jumat (21/8/2020). (ANTARA/Syaiful Hakim)

(PDIP) leading. Saya lihat manajemen PDIP itu bagus, sekarang manajemennya sangat bagus
Jakarta (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai menyuguhkan para calon kepala daerah yang diusung dalam pilkada serentak pada Desember 2020 layak untuk rakyat.

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin, di Jakarta, Minggu, mengatakan apa yang dilakukan oleh partai berlambang banteng moncong putih itu merupakan komunikasi politik yang baik untuk rakyat.

"Yang tadinya dianggap eksklusif menjadi terbuka, sehingga rakyat bisa menilai secara utuh bahwa memang calon-calon kepala daerah yang diusung dalam pilkada itu memang layak," ujar Ujang.

Dia pun merespons positif sekolah partai untuk calon kepala daerah PDIP yang digelar secara daring selama lima hari itu untuk angkatan I.

"Memang sekolah calon kepala daerah PDIP tidak lagi menjadi eksklusif, tetapi menjadi terbuka dan menjadi milik rakyat, dan publik juga berhak tahu. Dalam konteks orang-orangnya maupun dalam konteks muatan isi yang disampaikan dalam sekolah tersebut," kata Ujang lagi.
Baca juga: 129 Calon kepala daerah ikuti Sekolah Partai PDI Perjuangan


Pada Jumat (21/8) siang, Sekolah Partai untuk calon kepala daerah PDIP angkatan I itu dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Arahan Presiden ke-5 RI itu bahkan dilakukan terbuka kepada 129 calon kepala daerah.

Ujang mengaku kerap objektif memberikan penilaian terhadap manajemen di partai politik. PDIP, kata Ujang, jauh berada di depan, dari segi kemajuan manajerial partai.

"(PDIP) leading. Saya lihat manajemen PDIP itu bagus, sekarang manajemennya sangat bagus. Secara manajemen mereka sudah lebih unggul dari partai lain," kata Ujang.

Tak hanya itu, dari segi kesiapan menghadapi pilkada, sejauh ini Ujang juga menilai, PDIP masih yang paling siap untuk tempur menghadapi pilkada tahun ini ketimbang partai-partai lain.

"Mereka (PDIP) lebih siap kelihatannya dibandingkan partai-partai lain yang memang dalam konteks konsolidasi dan lain-lain masih belum muncul, masih belum kelihatan," kata Ujang pula.
Baca juga: Megawati tokoh favorit Gibran Rakabuming
Baca juga: PDIP gembleng calon kepala daerah untuk jadi pemimpin visioner

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Risma perkenalkan Kepala Bappeko Surabaya sebagai bakal calon penggantinya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar