Seoul (ANTARA News/AFP) - Korea Selatan, Rabu, memulangkan dua nelayan Korea Utara yang diselamatkan awal pekan ini setelah kapal mereka hanyut di perairan bagian selatan, kata para pejabat di Seoul.

Dua nelayan itu dikembalikan ke kampung halamannya melalui desa di perbatasan, Panmunjon, di kawasan demiliterisasi yang memisahkan kedua negara itu, kata Kementerian Persatuan.

Penjaga pantai Korea Selatan menyelamatkan dua nelayan itu pada Minggu, di dekat sederetan pulau-pulau kecil di Laun Jepang (Laut Timur) yang dikenal sebagai Dokdo di Korea dan Takeshima di Jepang. Kedua nelayan itu ingin kembali ke rumahnya.

Korea Selatan telah mengirim pulang warga negara Korea Utara yang tanpa sengaja melintas batas namun memilih untuk direpatriasi.

Pada 1 Oktober, sebuah kelompok yang terdiri dari 11 orang warga Korea Utara tertangkap saat memasuki wilayah Korea Selatan setelah melintasi batas dengan sebuah kapal nelayan kecil. Seoul menolak permintaan Pyongyang untuk mengirim mereka pulang.

Namun tujuh orang nelayan Korea Utara yang kapalnya secara tidak sengaja terbawa arus ke perairan Korea Selatan dikembalikan pulang bulan lalu melalui perbatasan yang dijaga ketat.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010