Ini untuk mempermudah pasien dalam kondisi 'emergency' yang butuh evakuasi perjalanan menuju RS Medistra, ujarnya.
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Medistra meluncurkan layanan helikopter medis untuk mengejar 'golden hour' atau waktu krusial dalam penanganan penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung atau stroke.

Direktur RS Medistra Dini Handayani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan layanan yang diberi nama Heli Medicine Evacuation (Medevac) tersebut dikhususkan bagi pasien yang membutuhkan pelayanan secara cepat dengan evakuasi melalui udara.

"Ini untuk mempermudah pasien dalam kondisi 'emergency' yang butuh evakuasi perjalanan menuju RS Medistra. Selanjutnya, pasien akan ditangani lebih lanjut dengan perlengkapan fasilitas medis sekaligus tenaga medis di RS Medistra," kata Dini Handayani.

Dengan angkutan pelayanan penerbangan, pengobatan dengan sistem Medevac dari Heliport ke Hospital ini, RS Medistra berharap akan lebih baik dalam melayani setiap pasien yang membutuhkan pelayanan cepat dan mumpuni.

Selain itu, RS Medistra juga menyediakan pelayanan tes usap dengan methode PCR dengan mendatangi rumah pasien atau ke RS Medistra, atau dengan 'additional service' heli transport ke bandara jika pasien hendak berpergian.

Dini juga menyebut pihaknya menyediakan layanan 'In House Clinic' yakni suatu pelayanan kesehatan yang berada di dalam lingkungan industri atau perusahaan untuk segera ditangani RS Medistra.

"Kami berharap dengan kecepatan layanan heli medevac ini, 'golden time' atas suatu tindakan medis yang dibutuhkan dapat benar benar dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Dini.

Menurutnya pelayanan medis dengan menggunakan helikopter ini akan menjadi suatu tuntutan ke depannya di Jakarta dan kota-kota besar yang semakin padat namun waktu tetap menjadi 'golden time' atas suatu tindakan medis.
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020