Batam (ANTARA News) - Putra sulung Amien Rais yang juga kandidat Sekjen DPP PAN pendamping Drajad Wibowo, Ahmad Hanafi Rais, menegaskan tidak gentar sama sekali dengan klaim-klaim kubu Hatta Rajasa bahwa mereka didukung mayoritas DPW dan peserta kongres.

"Kita tetap semangat dan yakin bisa memenangkan kompetisi ini," ujarnya pada Konggres ke-3 PAN di Batam, Sabtu.

Menurut Hanafi, basis dukungan Drajad Wibowo adalah di DPD-DPD yang jumlahnya jauh lebih besar dibandingkan DPW dan pengurus DPP.

Jumlah suara yang diperebutkan dalam kongres ini adalah 1.259 suara. Suara-suara itu terdiri dari 150 fungsionaris DPP, 99 suara DPW, 962 suara DPD se-Indonesia dan 6 suara organisasi sayap partai.

Hanafi mengemukakan, kubu Drajad sudah memantapkan koordinasinya menjelang pemungutan suara yang diperkirakan berlangsung Sabtu sore ini dan hingga pertemuan konsolidasi terakhir peta kekuatan masih mengunggulkan Drajad Wibowo.

Konsolidasi kubu Drajad Wibowodilakukan tidak lagi di Hotel Novotel yang menjadi markas pendukung Drajad, melainkan di Hotel Mercure yang berjarak sekitar 2 km dari lokasi penyelenggaraan Konggres di Hotel Planet Holiday dan dimana Sutrisno Bachir menginap.

Menurut Hanafi, pilihan berkonsolidasi terakhir di Hotel Mercure itu karena tempat-tempat lain dianggap "rawan".

Sementara itu Hatta Rajasa bersama para pendukungnya tiba di arena konggres dengan arak-arakan. Tampak pada barisan terdepan dua kader PAN yang duduk di Kabinet indonesia Bersatu II, yakni Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

Hatta mengklaim telah mengantongi 70 persen suara dukungan peserta konggre, sedangkan sisanya adalah pendukung Drajad Wibowo. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010