Cabinda, Angola (ANTARA News) - Kesebelasan sepak bola nasional Togo tetap akan bermain dalam kejuaraan negara-negara Afrika, African Cup, kata salah seorang pemainnya, Thomas Dossevi, kepada AFP, Ahad.

Semula, para pemain  mengatakan mereka tidak berminat main dalam turnamen itu dan pemerintah sudah memanggil mereka pulang setelah terjadi serangan dengan senapan mesin Jumat yang dilakukan oleh kelompok separatis Cabinda yang menewaskan seorang asisten pelatih dan tim juru bicara.

"Untuk mengenang kematian mereka, tim nasional telah memutuskan akan bermain di African Cup," kata Dossevi.

"Kami semua patah hati, namun kami ingin menunjukkan warna nasional kami, nilai-nilai kami dan orang-orang kami," katanya menambahkan.

Dua orang tewas dalam serangan Jumat terhadap bus yang ditumpangi tim nasional Togo di daerah kantong Angola, Cabinda, kata asisten pelatih dan jurubicara regu Togo, seorang pengurus Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), Sabtu.

"Kepala Komunikasi Stanislas Ocloo dan Asisten Pelatih Abalo Amnalete meninggal dunia pada pukul 04.00 pagi ini," kata petugas pers CAF untuk Togo, Kodjo Samlan, setelah tiba di Cabinda bersama rekan-rekannya dari Federasi Sepak Bola Togo.

Sembilan pemain dan pengurus dilaporkan luka-luka Jumat, ketika bus-bus itu mendapat serangan pada saat melintas masuk ke Cabinda dari Republik Kongo untuk pertandingan di Piala Afrika.

Serangan tersebut diakui dilakukan oleh Front Pembebasan Daerah Kantong Cabinda (FLEC), yang selama beberapa dasawarsa sedang memperjuangkan kemerdekaan wilayah yang kaya minyak tersebut, namun terpotong dari wilayah Angola oleh Republik Demorat Kongo.

FLEC mengatakan, pengawal militer tim adalah targetnya, seraya menambahkan bahwa "Operasi ini baru merupakan awal dari serangkaian tindakan yang akan dilanjutkan di semua wilayah Cabinda."

Para pemain, yang dipimpin kapten Emmanuel Adebayor, hari Sabtu akan memutuskan apakah akan tetap mengikuti pertandingan, tetapi Kodjo mengatakan pengunduran diri "belum direncanakan untuk sementara waktu."

Togo, salah satu tim terkemuka Afrika, dijadwalkan memulai pertandingan mereka melawan Ghana hari Senin di Cabinda, yang akan menyelenggarakan tujuh pertandingan Piala Afrika bulan ini.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010