Cilacap (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap menyatakan, gempa Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak mengakibatkan adanya kerusakan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Hingga saat ini, kami belum menerima laporan kerusakan maupun kepanikan warga akibat gempa yang terjadi pagi tadi," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Dangir Mulyadi di Cilacap, Minggu.

Bahkan, kata Dangir Mulyadi , tidak semua warga Cilacap merasakan gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter yang terjadi pukul 07.25 WIB tersebut.

Menurut dia, hal itu berbeda dengan gempa berkekuatan 7,3 SR yang berpusat di Tasikmalaya pada 2 September 2009.

Gempa tersebut, lanjutnya, mengakibatkan kerusakan rumah warga dan berbagai fasilitas umum di sejumlah kecamatan di Kabupaten Cilacap.

Secara terpisah, analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan, gempa berkekuatan 5,4 SR yang terjadi pukul 07.25.04 tersebut berlokasi di 8,02 derajatlintang selatan dan 107,91 derajat bujur timur.

"Lokasi gempa tersebut berada sekitar 84 kilometer barat daya Tasikmalaya dengan kedalaman 14 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami," katanya.

Menurut dia, tidak semua warga Cilacap dapat merasakan gempa tersebut kendati pusat gempa cukup dekat dengan kabupaten ini.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010