KBRI Singapura luncurkan Indonesia Virtual Showcase

KBRI Singapura luncurkan Indonesia Virtual Showcase

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya (Dok KBRI Singapura)

Batam (ANTARA) - KBRI Singapura bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Bank Indonesia meluncurkan Indonesia Virtual Showcase secara dalam jaringan yang langsung diikuti Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Gubernur BI Perry Warjiyo.

Dubes Ngurah Swajaya dalam keterangan tertulis, Kamis, menyatakan pengembangan showcase merupakan upaya KBRI Singapura memberikan fasilitas platform berbasis digital bagi UKM Indonesia untuk mempromosikan produk-produknya ke Singapura dan ke pasar global, di tengah pandemi COVID-19.

Indonesia Virtual Showcase KBRI Singapura www.indonesiastore.sg yang diluncurkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, merupakan pengembangan dari ruang showcase yang telah dibangun di KBRI Singapura secara fisik dan kemudian diintegrasikan dengan sebuah platform digital melalui aplikasi "QR code".

Baca juga: BI pertemukan UMKM dengan pelaku ekonomi Johor dan Singapura

Produk-produk Indonesia yang dipajang di ruang pamer diberi QR code, yang apabila dipindai akan menuntun pengunjung memasuki website www.indonesiastore.sg demi memperoleh informasi lebih detail tentang produk tersebut.

Indonesia Virtual Showcase, sejalan dengan program pemerintah untuk mengakselerasi promosi UKM melalui platform berbasis digital.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memyampaikan, UKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia dan telah berkontribusi 61 persen terhadap PDB Indonesia. Karenanya UKM perlu terus didorong melalui digitalisasi.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan pihaknya menetapkan strategi dan kebijakan untuk meningkatkan performa di era adaptasi kenormalan baru.

Baca juga: Flou Cloud solusi digital anak bangsa untuk gerakkan UMKM

Satu di antaranya dengan mendorong promosi produk UKM Indonesia melalui platform berbasis digital dengan bekerja sama dengan beberapa unicorn seperti Bukalapak dan online marketplace lainnya.

Virtual Showcase diharapkan dapat menjadi platform "market place business to business" yang saling menguntungkan dan aman bagi kedua belah pihak, karena produk dan UKM yang ada di dalamnya sudah melalui kurasi dan pembinaan dari Kementerian Perdagangan dan atau Bank Indonesia.

Singapura merupakan negara tujuan ekspor terbesar keempat bagi Indonesia setelah Tiongkok, Amerika dan Jepang.

Total perdagangan Indonesia dan Singapura pada 2019 mencapai 30,5 milyar USD dengan nilai ekspor nonmigas sebesar 9,4 milyar USD.

Pada semester I 2020 total perdagangan kedua negara telah mencapai 12,07 milyar USD dengan nilai ekspor nonmigas sebesar 4,61 milyar USD dan Indonesia mencatat surplus untuk nonmigas sebesar 398,7 juta USD naik 10,65 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar