New York (ANTARA News/AFP) - Saham Wall Street diperdagangkan bervariasi pada Senin waktu setempat karena investor berhati-hati di awal periode laporan pendapatan kuartal keempat perusahaan untuk mempelajari petunjuk pada kesehatan perusahaan Amerika.

Dow Jones Industrial Average naik 45,80 poin (0,43 persen) menjadi 10.663,99, meningkat lebih tinggi di jam terakhir perdagangan. Indeks blue chips mencapat tertinggi harian 10.676,23, harga terbaik sejak 3 Oktober 2008.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq jatuh 4,76 poin (0,21 persen) menjadi 2.312,41 sementara pasar luas indeks Standard & Poor`s 500 menambahkan 2,00 poin (0,17 persen) menjadi 1.146,98 setelah mendekam di posisi merah untuk sebagian besar hari.

Seluruh tiga indeks saham utama dibuka pada catatan positif setelah data perdangan China melonjak pada akhir pekan, namun saham berbalik bervariasi dalam perdagangan yang berubah-ubah di kemudian hari menyusul kehati-hatian menjelang musim laporan pendapatan.

Investor tampaknya "memainkan kartu penutup untuk melindungi mereka jelang musin laporan pendapatan kuartal keempat," kata para analis Charles Schwab & Co.

Ekspektasi adalah akan ada "banyak kejutan naik, terutama dari perusahaan yang melakukan lebih banyak bisnis di luar negeri," kata Ed Yardeni, presiden Yardeni Research.

"Kami memperkirakann hasil yang sangat kuat dari perusahaan teknologi," katanya.

Produsen utama aluminium Alcoa, perusahaan blue-chip pertama untuk melaporkan pendapatannya setelah pasar ditutup Senin, membukukan rugi bersih lebih kecil pada kuartal keempat 277 juta dolar dibandingkan dengan kerugian sebesar 1,19 miliar dolar periode yang sama 2008, ketika penurunan ekonomi dimulai.

Tetapi pendapatannya tidak termasuk item khusus dari satu sen per saham lebih rendah dari tujuh sen yang diperkirakan oleh sebagian besar analis.

Alcoa berakhir 2,53 persen lebih tinggi pada 17,45 dolar sebelum hasilnya diumumkan.

Perusahaan-perusahaan besar lainnya diatur untuk mengumumkan hasilnya minggu ini, adalah pabrikan chip Intel, yang naik 0,58 persen menjadi 20,95 dolar, dan bank JPMorgan Chase, turun 0,34 persen menjadi 44,53 dolar.

"Ini akan memberikan kita ide yang baik dan preview apa yang mungkin ada jelang laporan penghasilan ini," ujar Andrew Fitzpatrick, direktur investasi pada Hinsdale Associates.

"Perusahaan telah melakukan semua yang mereka bisa untuk meningkatkan margin melalui pemotongan biaya dan sekarang Wall Street akan mencari beberapa baris atas pertumbuhan, khususnya arti pertumbuhan pendapatan," katanya.

Top Gainers adalah produsen peralatan konstruksi Caterpillar, yang melompat 6,28 persen menjadi 64,13 dolar di tengah tanda-tanda bahwa China akan kembali ke pertumbuhan ekonomi dengan cepat.

Ekspor China naik 17,7 persen pada Desember menghentikan penurunan 13-bulan berturut-turut, kata pemerintah pada Minggu.

Data dari Jerman pekan lalu menunjukkan bahwa China mengambilalih ekonomi terbesar di Eropa menyusul ekonomi pada November untuk menjadi negara pengekspor terkemuka dunia.

Raksasa otomotif Ford naik 3,59 persen menjadi 12,11 dolar setelah memenangkan penghargaan tahunan mobil dan truk tahun di North American International Auto Show Senin untuk model Fusion Hybrid 2010 dan Transit Connect.

Raksasa hiburan Walt Disney turun 1,63 persen menjadi 31,36 dolar setelah peringkatnya diturunkan oleh para analis di Janney Montgomery Scott.

Pasar obligasi juga menurun. Hasil pada obligasi negara 10 tahun naik menjadi 3,818 persen dari 3,808 persen Jumat, sedangkan pada obligasi 30 tahun naik menjadi 4,729 persen dari 4,695 persen. Harga dan harga yield obligasi bergerak dalam arah berlawanan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010