London (ANTARA News/Reuters) - Raungan gitar Jimi Hendrix bakal segera terdengar kembali di telinga para penggemarnya lantaran album mendiang raja gitar itu pada 8 maret 2010 diluncurkan atas kerjasama keluarga dengan Sony musik.

"Valley of Neptune" adalah judul album baru Jimi Hendrix, yang menampilkan hasil rekaman studio yang dibuat pada tahun 1969, setahun sebelum kematiannya di kota London pada usia 27 tahun.

"Kakak saya Jimi tengah berada di rumah dalam ruang studionya" ujar Janie Hendrix. Ia bertutur pengalamannya bersama sang kakak yang seorang bintang musik rock. Keluarga mendiang Hendrix dan perusahaan rekaman Sony Music pun merancang hak royalti warisan musik Hendrix yang bernilai sepuluh juta dollar itu.

"Kepiawaiannya dalam bermusik pun sangat kental terlihat dalam setiap lagu yang ditampilkan dari album tersebut," ujarnya.

"Valley of Neptune" akan menampilkan beberapa lagu yang sudah tidak asing lagi untuk penggemar setia yang sudah mendengarkannya lewat versi rekaman bajakan dari album tersebut. Album itu disebut-sebut berdurasi satu jam lebih, serta belum pernah diluncurkan secara komersial.

Album tersebut juga menghadirkan penampilan dari Elmore James classic yang membawakan lagu Hendrix berjudul "Bleeding Heart" dan juga Cream`s yang membawakan lagu berjudul "Sunshine of Your Love" dan tidak lupa penampilan komposisi musik asli sang dewa gitar lewat lagu berjudul "Ships Passing Through The Night" dan "Lullaby For The Summer".

Rekaman tersebut juga merupakan bagian dari gelombang pertama album musik Hendrix yang diluncurkan ulang. dengan menampilkan aransemen baru dari lagu - lagu berjudul "Are You Experienced?","Axis: Bold As Love", "Electric Ladyland" dan "First Rays of the New Rising Sun" yang juga akan diluncurkan pada waktu yang sama.

Janie Hendrix pun mengatakan pada LA Times bahwa album tersebut sudah cukup banyak memiliki materi sepanjang satu dekade penting dari peluncuran barunyaini, baik itu dari sisi musik dan klip videonya. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010