Sabang, Aceh (ANTARA News) - Seorang turis asal Jerman bernama Andreas Frank Lange (48), ditemukan tewas di sebuah kamar bungalow di kawasan wisata Iboh, Sabang, Provinsi Aceh, Selasa.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang, Helmi Ali, aparat kepolisian dan pihak imigrasi masih menyelidiki penemuan jasad wisatawan asing tersebut.

Menurutnya, jasad turis tersebut ditemukan dalam kondisi terduduk oleh temannya sekitar pukul 16.00 WIB, setelah itu langsung dilaporkan ke pihak berwajib setempat.

"Setelah dilaporkan ke polisi, jasad wisatawan asing itu langsung dibawa ke Puskesmas Iboh. Sampai saat ini masih diselidiki penyebab kematiannya," tambah Helmi.

Helmi menambahkan, pihaknya terus mencoba menghubungi Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman di Jakarta, namun sampai saat ini belum ada jawaban. Pihaknya juga menunggu yang bertanggungjawab dari Kedubes Jerman terhadap jasad Lange untuk dikremasi sebelum diterbangkan ke negaranya.

Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan, Lange yang lahir 23 Juni 1962 itu sudah berada di kawasan wisata tersebut sejak sepekan terakhir. Hingga saat ini belum diketahui penyebab kematiannya.

Saat ini jenazah pria pemegang pasport nomor 332604568 itu disemayamkan di Puskesmas Iboih, sekitar 28 kilometer dari pusat kota Sabang. Belasan warga setempat terlihat antusias menyaksikan jasad Lange.

Direncanakan jasad pria berkebangsaan Jerman itu akan diberangkatkan ke Kota Banda Aceh pada Rabu, 13 Januari 2009 melalui pelabuhan Balohan Sabang.

Iboih merupakan salah satu tujuan wisata di Sabang yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara di samping kawasan wisata lainnya seperti Gapang, Tugu Kilometer Nol dan Pulau Rubiah.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010