Pangkalpinang (ANTARA News) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), saat ini belum bisamelayani pemasangan bagi pelanggan barukarenamasih melakukan perbaikan jaringan distribusi.

"Memang banyak warga yang sudah meminta untuk pemasangan baru melalui telefon seluler, namun kami belum membukanya karena masih dalam perbaikan jaringan," kata Kasi Hubungan dan Langgan PDAM Pangkalpinang, Helendra di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, terhitung sejak Agustus 2009 PDAM tidak menerima sambungan pemasangan baru karena sedang ada perbaikan jaringan oleh PT Darco Indonesia.

"Sekarang masih dalam pengerjaan proyek perbaikan jaringan, kalau nanti sudah serah terima baru kami bukan pemasangan jaringan baru yang diumumkan langsung melalui media massa," ujarnya.

Menurut dia, perbaikan jaringan dilakukan adalah pipa banyak yang sudah rusak karena dimakan usia dan gangguan alam sehingga pendistribusian air tidak lancar.

"Jika jaringan sudah lancar, kami yakin aliran air PDAM kepada pelanggan akan lebih lancar dari sebelumnya," ujarnya.

Pihak PDAM juga bisa menerima pelanggan baru dalam jumlah lebih banyak jika jaringan transmisi dan distribusinya sudah diperbaiki.

"Sekarang ini pelanggan PDAM berjumlah sebanyak 2.931 pelanggan. Jumlah pelanggan terus mengalami penurunan akibat pendistribusian air tidak lancar," katanya.

Menurut dia, salah satu penyebab banyaknya pelanggan yang menunggak dan berhenti menjadi pelanggan PDAM karena pendistribusian air tidak lancar.

"Mereka tidak mau bayar rekening PDAM dengan alasan pendistribusian air tidak lancar dan bahkan banyak yang berhenti berlangganan," ujarnya. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010