Dirjen : Murid PAUD dan SD paling terdampak belajar dari rumah

Dirjen : Murid PAUD dan SD paling terdampak belajar dari rumah

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri STP MSi dalam taklimat media secara daring di Jakarta, Jumat (28/8). (ANTARA/Indriani)

Kami telah menyiapkan modul pembelajaran untuk jenjang PAUD dan SD
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri STP MSi mengatakan murid PAUD dan SD paling terkena dampak kebijakan belajar dari rumah (BDR).

"Kami telah menyiapkan modul pembelajaran untuk jenjang PAUD dan SD. Pada jenjang ini yang paling terkena dampak, karena mereka belum bisa mengakses pembelajaran dengan baik," ujar Jumeri dalam taklimat media di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan modul pembelajaran tersebut disusun oleh Kemendikbud untuk membantu siswa, guru maupun orang tua selama pelaksanaan belajar dari rumah atau pendidikan jarak jauh (PJJ).

Melalui modul pembelajaran tersebut, membantu para guru dalam pelaksanaan PJJ. Selain itu juga membantu orang tua dalam mendampingi anaknya dalam belajar.

Baca juga: Kemendikbud dan Kemenag apresiasi praktik baik satuan pendidikan

Baca juga: Kowani latih guru Paud selama proses belajar dari rumah


Kemendikbud menerbitkan sebanyak 12 modul yang dapat digunakan oleh guru sebagai panduan dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sederhana, menyusun kegiatan pembelajaran berbasis bermain yang kontekstual sesuai dengan minat anak dan kondisi rumah, melaksanakan penilaian pembelajaran dan perkembangan anak, serta informasi lain yang mendukung tugas guru.

Bagi orang tua, buku saku tersebut dapat digunakan sebagai sumber inspirasi dalam mendampingi anak belajar dari rumah dan mengasuh anak secara positif.

Sementara, untuk jenjang SD, modul belajar dikembangkan untuk siswa kelas satu hingga enam, dengan fokus utama pada kompetensi literasi, numerasi, pendidikan karakter, dan kecakapan hidup.

Kompetisi dasar di dalam modul tersebut, diidentifikasi dari kompetensi dasar berbagai mata pelajaran di jenjang sekolah dasar.

Modul pembelajaran untuk jenjang SD dapat diakses SD pada tautan https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/tingkat-sd-modul-belajar-literasi-numerisasi/.

Sementara untuk jenjang PAUD, modul pembelajaran dapat diakses pada tautan https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/buku-saku-paud/.

Baca juga: Kemendikbud: Banyak pemda hati-hati membuka sekolah meski sudah boleh
Baca juga: Pembukaan sekolah di zona hijau dan kuning mulai dari jenjang SD


 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar