Medan (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Sumatera Utara H Kamaluddin Harahap mengaku optimistis PAN di bawah kepemimpinan Hatta Rajasa akan semakin berjaya dan bahkan mampu masuk tiga besar pada Pemilu 2014.

"Kita yakin Hatta Rajasa akan mampu melakukan perubahan besar bagi perkembangan dan kemajuan PAN ke depan sekaligus membawa partai ini masuk tiga besar pada Pemilu 2014," katanya di Medan, Kamis.

Kamaluddin Harahap yang juga Wakil Ketua DPRD Sumut mengaku bersyukur atas terpilihnya Hatta Rajasa sebagai Ketua Umum DPP PAN pada Kongres III di Batam, baru-baru ini.

Ia berharap terpilihnya Hatta Rajasa juga akan membawa dampak terwujudnya komitmen melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bagi partai dan juga bagi bangsa dan negara.

"Kita yakin komitmen Hatta Rajasa akan menjadikan PAN berada di posisi tiga besar pada Pemilu mendatang. Pada kongres kemarin bahkan telah dilakukan sejumlah perubahan di tubuh partai, salah satunya perubahan AD/ART dimana PAN kini menjadi partai plural yang menghargai agama, ras, suku serta berpihak pada kaum dhuafa dan orang-orang yang tertindas," katanya.

Dalam menata partai ke depan, PAN juga melakukan perubahan dengan melakukan tahapan konsolidasi dan musyawarah mulai dari tingkatan terendah, yakni mulai dari ranting, cabang, daerah, wilayah hingga ke pusat.

"Kita berkeyakinan konsolidasi dan musyawarah partai akan bisa terlaksana tahun ini juga dan dua tahun berikutnya PAN akan bisa menjalankan program kerjanya secara fundamental," katanya.

Menurut Kamaluddin, pada Kongres III di Batam juga dibahas platform partai ke depan, yakni tidak lagi sebatas konseptual melainkan sudah mengarah pada kontekstual.

"Misalnya, PAN ke depan akan lebih fokus memperjuangkan keberpihakan kepada kesehatan ibu dan anak dengan memperjuangkan anggaran dalam APBN maupun ABPD. Sedangkan terkait masalah pengangguran, PAN juga harus fokus dan serius memperjuangkan APBN dan APBD untuk mengatasinya," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010