Serang (ANTARA News) - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang, Banten, akan mengirim puluhan anak jalanan (anjal) yang terjaring razia ke Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Bambu Apus Jakarta, untuk diberikan pendidikan moral dan pelatihan keterampilan.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Sosial Dan Tenaga Kerja Serang, Akhman Sarjito, saat ini anak-anak jalanan yang berkeliaran di sekitar Kota Serang kehidupannya semakin meresahkan, dan jika tidak ditanggulangi kemungkinan masa depan mereka bisa menjadi beban bagi masyarakat.

Karena itu, pihaknya dalam waktu dekat ini akan membina anjal ini melalui program penanggulangan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

"Program tersebut merupakan program Departemen Sosial, yang digelar selama dua kali dalam satu tahun, yaitu pada awal dan akhir tahun," kata Akhman.

Ia menjelaskan, pada awal tahun ini, anjal yang harus dikirim ke PSBR adalah sebanyak 20 orang dengan usia maksimal 18 tahun, pengiriman di tunggu paling lambat hingga bulan Februari.

Selain anjal, kata Akhman, pihaknya juga akan mengirimkan anak terlantar ke Sosial Department Center (SDC), yang berada di Bogor, Jabar. Mereka juga akan diberikan pelatihan keterampilan, seperti pertukangan, salon, montir dan lain-lain.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010