Pasuruan (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengatakan pihaknya  memprogramkan perawatan kesehatan bagi kiai.Hal itu dikatakan gubernur saat bersilaturahmi di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, Besuk, Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jatim, Sabtu.

Gubernur Soekarwo bersilaturahmi dengan KH Mas Subadar, pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Ulum bersama Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, dan mantan Gubernur Jatim Imam Utomo.

Saifullah Yusuf menambahkan gagasan program perawatan kesehatan bagi para kiai di provinsi ini didasarkan atas kenyataan banyak kiai berobat ke rumah sakit sudah dalam keadaan terlambat.

"Para kiai yang masuk rumah sakit Dr Soetomo Surabaya sebaagian besar kondisinya telah terlambat," kata Gus Ipul.Oleh karena itu, kata dia, Pemprov Jatim berinisiatif melaksanakan program perawatan kesehatan bagi para kiai.

Tim medis yang terdiri dari dokter spesialis akan melakukan medical check up  terhadap para kiai. Tim dokter yang akan mendatangi para kiai di pondok-pondok pesantren secara rutin tiga bulan sekali.

"Setiap hari kiai selalu sibuk melayani umat oleh karena itu ditempuh langkah tersebut, yaitu tim dokter mendatangi para kiai di pondok pesantren mereka masing-masing," katanya.

Soekarwo mengatakan biaya perawatan kesehatan bagi para kiai di provinsi ini akan ditanggung pemerintah provinsi.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010