Pasuruan (ANTARA News) - Menakertrans, Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Umum DPP PKB ke Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (17/1) malam untuk melakukan silaturahim, syukuran, sekaligus membangun rekonsiliasi (islah).

Selaku Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar melakukan silaturahim dengan Walikota dan Bupati, serta masyarakat Pasuruan pada umumnya.

Tak heran jika dalam pertemuan tersebut Muhaimin Iskandar juga menerima proposal dari Walikota Pasuruan, Aminurrokhman tentang usulan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) yang representatif.

Untuk mendukung prposal tersebut Pemerintah Kota Pasuruan juga telah mempersiapkan lahan seluas 5 hektar.

Muhaimin Iskandar berjanji masih akan mempelajarinya. ?Jika memang layak tentu akan kami pertimbangkan. Kalau tidak bisa tahun anggaran 2010, ya tahun depan, ? kata Menakertrans.

Selaku Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar juga untuk melakaukan syukuran untuk melaksanakan nadhar yang telah lama dijanjikannya, yakni mensyukuri atas kemenangan PKB di Kota dan Kabupaten Pasuruan, sehingga mengantarkan dirinya menjadi Menteri tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Malam itu Muhaimin Iskandar memotong tumpeng yang diserahkan kepada Ketua DPC PKB Kota Pasuruan, Hasani, disaksikan Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Faidilah Nashor, dan Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPW PKB Jawa Timur (versi Gus Dur), Aminurrokhman yang juga Walikota Pasuruan.

Media silaturahim dan syukuran di Pasuruan tersebut juga menjadi jembatan rekonsiliasi (islah) antara PKB kubu Muhaimin maupun kubu Gus Dur.

Aminurrokhman secara spontan juga menyebut Imam Nachrowi sebagai Ketua DPW PKB Jawa Timur (kubu Muhaimin) yang selama ini sempat menjadi pantangan untuk menyebut, bahkan mengakuinya.

Sebaliknya Imam Nachrowi juga rela menyebut Aminurrokhman sebagai Wakil Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, padahal Aminurrokhman sebelumnya merupakan PKB kubu Gus Dur.

Bahkan, Ketua DPC PKB Kota Pasuruan, Hasani telah menyiapokan diri untuk menjadi jembatan rekosniliasi PKB secara nasional. Hasani menyebutkan, dalam menghadapi Pilkada Kota Pasuruan tahun 2010 ini, PKB Kota Pasuruan akan berusaha menyatukan kader-kader PKB yang selama ini sempat berseberangan.

Tekat senada juga diungkapkan Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Faidilah Nashor. Ia berjanji, untuk memenangkan Pilkada Kota Pasuruan tahun 2010, PKB Kabupaten Pasuruan akan all out ikut mendukung PKB Kota Pasuruan.

Ketua DPW PKB Jawa Timur, Imam Nachrowi menilai, acara silaturahim dan syukuran yang digelar di Pasuruan itu sudah merupakan perwujudan rekonsiliasi (islah). Untuk itu dalam menghadapi 18 Pilkada yang akan digelar selama tahun 2010, PKB Jawa Timur telah menargetkan memenangkan 15 kepala daerah, serta sisanya memenangkan wakilnya.

Sementara bagi Muhaimin Iskandar proses rekosiliasi (islah) akan dilakukannya secara ikhlas, dan alami, tanpa ada tawar menawar kompensasi. Rekosnsiliasi yang bertujuan untuk kembali membesarkan PKB akan terus dilakukannya dengan saling bersilaturahim kepada para kader PKB yang sempat berseberangan saja, tapi juga kepada kader PKB yang telah membentuk PKNU agar bisa kembali lagi bersatu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010