Makassar (ANTARA News) - Peresmian gedung perkantoran Wisma Kalla di Makassar, Senin, layaknya reuni para menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid pertama.

Demikian dikatakan oleh President Director of Kalla Group, Fatimah Kalla pada sambutannya di depan para tamu undangan yang kebanyakan merupakan mantan menteri saat Jusuf Kalla menjadi wakil presiden.

Mereka yang diundang antara lain, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta, mantan Menteri Pertahanan Widodo AS, mantan Menteri Luar Negeri Hasan Wirayuda, mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono dan beberapa lainnya.

Selain para mantan menteri tampak pula pengusaha nasional seperti Sofyan Wanandi, Chairul Tanjung dan Aksa Mahmud.

Gedung perkantoran dengan 15 lantai setinggi 70 meter ini akan dijadikan kantor pusat Kalla Group sekaligus kantor baru Jusuf Kalla di Makassar.

Selain itu, beberapa lantai di gedung yang berdiri di atas lahan 5.363 meter ini juga disewakan sebagai kantor dari berbagai perusahaan.

"Gedung merupakan jawaban tren gedung yang ramah lingkungan yang memiliki dampak efek rumah kaca yang minimal dan penggunaan lampu hemat listrik," ujar Fatimah.

Ia mengatakan, gedung yang pada awalnya bernama Kalla Tower ini didesain oleh arsitek Institut Teknologi Bandung (ITB) Baskoro Tedjo yang terinpirasi dengan papan luncur dan juga ombak, air, serta angin yang selalu bergerak atau dinamis mewakilli filosofi usaha sekaligus suku Bugis-Makassar. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010