Los Angeles (ANTARA News) - Aktor Hollywood Dennis Hopper yang terbaring di ranjang karena kanker prostat, Senin, mengatakan, ia akan menceraikan istri kelimanya.

Gugatan cerai yang tak biasa itu diajukan Kamis lalu. Hopper (73) dan Victoria Duffy memiliki putri, Galen --yang berusia 6 tahun. Hopper memiliki tiga anak lagi dari perkawinannya yang terdahulu.

Dalam satu pernyataan, Hopper, sebagaimana dikutip, mengatakan, "Saya ingin Victoria mendapatkan yang terbaik, tapi hanya ingin melewati hari-hari sulit ini di sekitar anak-anak saya dan teman-teman saya."

Hopper yang sangat terkenal karena menyutradarai dan berperan di dalam film klasik "Easy Rider" tahun 1969, didiagnosis terserang kanker September lalu. Seorang teman keluarganya mengatakan ia baru-baru ini telah menjalani serangkaian kemoterapi.

Putri tertuanya, Marin, mengatakan dalam satu pernyataan kepada Reuters, "Dennis berani, dan ia sedang memerangi neraka pertempuran."

Di dalam karirnya yang bervariasi dan berawal lebih dari 50 tahun lalu, Hopper tampil bersama pembimbingnya, James Dean, di dalam "Rebel Without a Cause" dan "Giant", dan bermain sebagai seorang maniak di film seperti "Apocolypse Now", "Blue Velvet" dan "Speed".

Ia menerima dua pencalonan Oscar karena menulis "Easy Rider" --bersama bintang Peter Fonda dan Terry Southern-- dan karena ia tampil sebagai pelatih basketball pecandu alkohol di dalam drama 1986 "Hoosier".

Kehidupan rumah tangganya tak pernah sepi. Salah satu pernikahannya meliputi penyatuan delapan hari bersama Michelle Phillips dari Mamas and Papas pada 1970. Phillips belakangan mengatakan kepada Vanity Fair bahwa ia menjadi sasaran perlakuan "mengerikan".

Hopper juga mematahkan tulang hidung istri pertamanya, Brooke Hayward, setelah pesta narkotika. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010