Samarinda (ANTARA News) - Sebuah kapal ponton batubara saat berlayar di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur menabrak sebuah pabrik tahu dan rumah warga di kawasan Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (19/1) diduga karena Nahkoda kehilangan kendali akibat kuatnya arus sungai.

Dilaporkan bahwa peristiwa tersebut berlangsung pada RT. 05, Desa Loa Duri, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa pagi.

Kejadian bermula saat ponton milik PT. Tanito Harum (perusahaan batubara di Kukar)yang sedang ditarik tugboad CPA09 di Sungai Mahakam dari Samarida menuju pelabuhan milik perusahaan batubara terbesar di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut.

Ketika berada di RT. 05, Desa Loa, Kecamatan Tenggarong Seberang, ponton tersebut terbawa arus hingga ke tepi sungai dan menabrak pabrik tahu milik Seno serta rumah warga bernama Hadi Mudiono.

"Nahkoda tugboad CPA09, Nasrun, sempat memerintahkan Anak Buah Kapal (ABK) untuk melepas tali penarik ponton itu, namun akibat kencangnya arus, ponton itu tetap menabrak rumah warga dan sebuah pabrik tahu," ujar sumber ANTARA di kepolisian.

Selain menabrak rumah dan pabrik tahu itu, ponton milik PT Tanito Harum tersebut juga menyebabkan rusaknya kerambah milik warga serta melukai pemilik rumah, Hadi Mudiono.

"Nahkoda tugboad itu saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polsek Teluk Dalam," kata sumber tadi.

Kapolsek Teluk Dalam, Ajun Komisaris Ade Permana tidak bersedia mengangkat telepon selularnya saat akan dikonfirmasi terait kejadian tersebut.

Begitupula saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Ade permana tetap tidak memberi jawaban.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010