Washington (ANTARA News/AFP) - Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke, Selasa mengatakan, ia "akan menyambut" penyelidikan kongres terhadap "bailout" (talangan) kontroversial pemerintah pada raksasa asuransi AIG selama krisis keuangan.

Bernanke mengatakan Fed telah membuat banyak informasi publik tentang tindakan yang terkait terhadap bailout AIG 2008, menambahkan bahwa bank sentral dan departemen keuangan "bertindak dalam kepentingan terbaik Amerika Serikat."

Dalam sebuah surat kepada General Accountability Office (GAO-sejenis badan pemeriksa keuangan, red.) unit investigasi Kongres, ia mengatakan bahwa "kajian lengkap" dari masalah yang tepat.

"Dalam semangat ini, mengupayakan publik mungkin paling lengkap

memahami keputusan dan tindakan kami dalam masalah ini, dan untuk menyediakan jawaban komprehensif untuk sebuah pertanyaan yang telah diangkat oleh anggota Kongres, Federal Reserve akan menyambut ulasan lengkap oleh GAO dari semua aspek keterlibatan kami dalam perpanjangan kredit kepada AIG, kata pernyataan itu.

Federal Reserve mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya "akan membuat ketersediaan" untuk GAO "semua catatan dan personel yang diperlukan" untuk melakukan pemeriksaan.

GAO adalah unit audit, evaluasi, dan investigasi Kongres.

Langkah itu dilakukan setelah Menteri Keuangan AS Timothy Geithner setuju untuk memberikan kesaksian di depan sidang Kongres tentang bailout atau penyelamatan yang melibatkan lebih dari 170 miliar dolar, terutama pembayaran untuk mitra dagang AIG.

Pengawasan DPR dan Komite Reformasi Pemerintah pekan lalu mengatakan, bahwa email internal AIG yang diperoleh oleh panel (pansus) sampai saat ini "menunjukkan bahwa yang (Fed New York ) mungkin telah mendesak AIG untuk merahasiakan rincian pembayaran rekanannya, meskipun fakta bahwa pembayar pajak dolar membuat kemungkinan pembayaran."

Dokumen pemanggilan tertulis panel minggu lalu tentang bailout, termasuk pada Geithner, Presiden Federal Reserve Bank of New York sebelum janjinya sekarang.

Geithner mengatakan dia akan memberikan kesaksian di depan panel Dewan pada 27 Januari menekankan bahwa ia tidak terlibat dalam keputusan apapun yang terkait dengan pengungkapan rincian tentang syarat-syarat dari bailout.

The Fed New York juga mengatakan akan memberikan materi yang relevan untuk panel kongres.

Ketua panel Edolphus Town mengatakan komite mencari informasi tentang pembayaran yang dibuat untuk rekanan AIG -- bank global utama termasuk Goldman Sachs, Morgan Stanley, Barclays, Bank of America, Deutsche Bank, dan Societe General.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010