Liga Inggris

Van de Beek pakai kostum nomor 34 untuk hormati Abdelhak Nouri

Van de Beek pakai kostum nomor 34 untuk hormati Abdelhak Nouri

Foto arsip 30 April 2019 pemain Ajax Amsterdam yang kini menjadi pemain Manchester United, Donny van de Beek, dalam leg pertama semifinal Liga Champions melawan Tottenham Hotspur. (REUTERS/Dylan Martinez)

Jakarta (ANTARA) - Gelandang baru Manchester United Donny van de Beek akan mengenakan nomor 34 pada jersey-nya sebagai penghormatan kepada mantan rekan satu timnya di Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri, yang mengalami kerusakan otak setelah serangan jantung pada 2017.

Nouri, yang juga memakai nomor itu, membuat debut seniornya pada musim 2016-2017 sebelum karirnya berakhir prematur setelah mengalami serangan jantung dalam laga persahabatan pramusim di Austria.

Sekalipun disadarkan di lapangan dan segera dibawa ke rumah sakit, Nouri mengalami kerusakan otak yang serius dan permanen.

"Ini adalah hal spesial bagi saya karena sahabat baik saya Abdelhak Nouri," kata Van de Beek, yang bergabung dengan United dari Ajax dalam kontrak lima tahun, kepada laman United seperti dikutip Reuters.

"Dia mengalami serangan jantung. Saya dekat sekali dengan keluarganya dan adiknya yang adalah salah satu sahabat dekat saya dan saya berbicara banyak dengan mereka. Jadi saya putuskan untuk mengenakan nomor lamanya di kaus saya dan saya ingin mendapatkan kenangan baik dengan nomor itu."

Jebolan Ajax lainnya, Phillippe Sandler, juga memilih nomor 34 setelah bergabung dengan Manchester City pada 2018.

Pikiran kepada Nouri tak pernah menjauhi Van de Beek yang sebelumnya memberikan penghormatan kepada sahabatnya setelah mencetak gol pada menit ke-34 saat Ajax menang melawan Juventus dalam Liga Champions tahun lalu.

Baca juga: Ajax: jantung Nouri tidak mengalami kerusakan
Baca juga: Pemain Ajax Abdelhak Nouri stabil setelah pingsan saat pertandingan


Ajax yang terus memberikan penghormatan kepada Nouri setelah insiden itu resmi membatalkan kontraknya Maret tahun ini.

Media massa Belanda melaporkan saat itu bahwa Ajax sudah berbicara dengan keluarga Nouri mengenai solusi masa depan sang pemain yang kemudian dipindahkan ke ruang khusus di rumahnya setelah beberapa tahun di rumah sakit.

Baca juga: Manchester United resmi boyong Van de Beek dari Ajax
Baca juga: Van Dijk dukung Donny van de Beek gabung Manchester United

 

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar