Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Tjahjo Kumolo, menyatakan, fraksi dan partainya sangat berharap, Pansus Angket Century segera dapat mengambil kesimpulan sementara.

"Yang pasti, tampilnya Komjen Susno Duadji sebagai saksi terakhir yang dipangil Pansus Angket Skandal Century DPR RI, kami harap semakin memperjelas berbagai kesaksian dan segera dapat disimpulkan sementara," ujarnya melalui ANTARA, di Jakarta, Jumat.

Tjahjo Kumolo menegaskan, Pansus harus segera menjawab harapan publik tentang megaskandal Bank Century, mulai dari kebijakan dana talangannya yang tidak transparan, hingga ke mana larinya dana-dana bernilai triliunan di bank tersebut.

"Dan publik juga sangat mengharapkan, ada kesimpulan-kesimpulan tentang siapa yang memang harus diproses lebih lanjut di pengadilan untuk mendapat sanksi hukum seadil-adilnya, guna memenuhi azas keadilan serta penegakkan hukum yang benar," tuturnya.

Fraksinya berpendapat, berdasarkan berbagai masukan (kalangan pakar ekonomi, ahli hukum, penggiat LSM dan banyak elemen rakyat lainnya), yang dibandingkan dengan realitas kebijakan dana talangan Bank Century, juga dilandaskan pada hasil telaahan detail, memang ada kejahatan sistemik di balik semua itu.

"Kejahatan sistemik dalam skandal Bank Century ini sangat terlihat secara kasat mata, jangan lagi diputar-putar dengan logika-logika yang membuat publik muak," tandasnya.

Fraksinya juga menyorot kritis tentang pembobolan ATM di beberapa lokasi sebagai sudah sangat mengkhawatirkan.

"Sekali lagi pengawasan atas sistem perbankan nasional diuji, dan kita tidak boleh kalah dengan sindikat kriminal keuangan yang makin berani menjarah sistem keuangan nasional kita," kata Tjahjo Kumolo menegaskan lagi.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010