Jakarta (ANTARA News) - China memuji perkembangan yang telah dicapai Indonesia dalam menjaga persatuan, kohesi sosial, seraya berperan aktif dalam percaturan internasional.

Pujian tersebut disampaikan State Consular China yang menangani bidang politik dan keamanan, Dai Bingguo, ketika menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Keprsidenan di Jakarta Jumat.

Juru bicara Kepresidenan Bidang Luar Negeri Dino Patti Djalal menjelaskan, dalam pertemuan itu Presiden Yudhoyono dan Dai yang pejabat sekelas menteri senior itu sepakat bahwa kerjasama Indonesia dan China penting untuk kedua pihak.

Indonesia dan China, menurut Dino, sepakat untuk meningkatkan kerja sama sesuai dengan kemitraan strategis yang disetujui kedua pihak pada 2005.

"Dai memuji perkembangan Indonesia menjaga persatuan, kemakmuran, menjaga kohesi sosial, serta aktif dalam percaturan internasional," ujarnya.

Presiden Yudhoyono, lanjut Dino, menyatakan kerjasama strategis dengan China penting karena negara itu salah satu pilar kawasan Asia.

Dino mengatakan dalam pertemuan itu tidak disinggung masalah pemberlakukan kawasan perdagangan bebas antara China dan Asean.

Sedangkan pembicaraan tentang rencana kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan, dibahas dalam level tingkat menteri dengan Menteri Koordinator Polhukam Djoko Suyanto.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010