Jakarta, 24/1 (ANTARA) - Pelaku bisnis pariwisata Indonesia berhasil meraih transaksi bisnis sebesar US$ 19,5 juta atau senilai Rp 182 miliar dari keikutsertaan mereka dalam pameran (bursa) di Vakantiebeurs Utrecht, Belanda yang berlangsung 12-17 Januari 2010 lalu. Transaksi bisnis ini diharapkan akan mulai terealisasi pada April 2010 mendatang, sehingga pengaruh cukup signifikan dalam pencapaian target kunjungan wisatawan Belanda ke Indonesia yang tahun ini ditetapkan sebesar 135 ribu orang.

     "Perolehan transaksi bisnis di Vakantiebeurs tahun ini cukup lumayan. Transaksi US$ 19,5 juta itu baru dari perhitungan 18 industri pariwisata lokal, sedangkan 4 perusahaan biro perjalanan wisata Belanda yang menjual paket Indonesia belum kita hitung sehingga hasilkan akan lebih besar lagi," kata DR. Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kemenbudpar usai temu wartawan di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (22/1).

     Sapta Nirwandar yang memimpin delegasi Indonesia ke Vakantiebeurs mengatakan, untuk pertama kalinya Indonesia dalam berpatisipasi di pasar Vakantiebeurs tahun ini mendapat kehormatan sebagai host partner country untuk ini delegasi RI selain menempati stand seluas 154 m2 di Island Location (01.C107) juga mendapat fasilitas lahan seluas 349 m2 di hall 2 (Indonesia Area) yang digunakan untuk promosi seni-budaya atau kegiatan non-komersial. Selain itu pihak penyelenggara memberikan kepada Indonesia slot waktu pertunjukan seni dan budaya setiap hari selama pameran berlangsung pada prime time di panggung utama Vakantiebeurs.

     Menurut Sapta Nirwandar, Belanda merupakan pasar potensial bagi Indonesia mengingat 10% atau 1,6 juta dari 16,7 juta jumlah penduduk Belanda mempunyai ikatan historis dengan Indonesia. Selain itu jumlah penduduk Belanda yang berwisata keluar negeri (outbound) setiap tahun cukup besar mencapai sekitar 6 juta/tahun.

     Adanya kemudahan aksesibilitas mendorong kunjungan wisman dari Belanda ke Indonesia semakin meningkat. Selain penerbangan langsung KLM Amsterdam-Denpasar, dan Amsterdam-Bali-Jakarta, mulai 1 Juni 2010 Garuda Indonesia akan terbang Jakarta-Amsterdam pp via Dubai setiap hari dengan Airbus A330-200.

     Vakantiebeurs atau Holiday Fair adalah pameran pariwisata terbesar di Belanda merupakan kegiatan trade and consumer fair.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010