Musi Rawas (ANTARA News) - Sebanyak 105 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra Selatan, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pelaksanaan pilkada.

"Bimtek ini bertujuan untuk mempersiapkan kematangan pengurus PPK yang ada di 21 kecamatan untuk pelaksanaan pilkada Musi Rawas, yang akan digelar pada 5 Juni 2010," kata Ketua KPU Musi Rawas, Efriansyah, di Sekretariat KPU Musi Rawas yang terletak di Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Minggu.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan bimtek tersebut anggota dan ketua PPK yang berjumlah 5 orang setiap kecamatan wajib mengikutinya, karena selain pembekalan serta teknik dalam menjalankan tugasnya, juga disampaikan upaya penanganan masalah yang terjadi di daerah masing-masing.

Selain acara bimtek untuk ketua dan anggota PPK, KPU setempat melakukan bimtek untuk 21 tenaga operator yang berasal dari kecamatan, dimana tugas dan fungsinya ialah untuk melakukan pelaporan dan update data-data pemilih dan pengiriman data ke KPU Musi Rawas.

Bimtek tersebut selain di isi petugas KPU Musi Rawas, juga disampaikan oleh pemateri yang beasal dari Pemkab Musi Rawas, antara lain, dari Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Lintas Masyarakat (Kesbangpolinmas), Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) serta dari Kantor Satpol PP.

Kepala Kesbangpolinmas, H Rudi Irawan menjelaskan, sebagai bentuk komitmen Pemkab Musi Rawas untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada pada 20 Januari 2010 telah dicairkan dana pelaksanaan pilkada dalam bentuk dana hibah kepada KPU Musi Rawas sebesar Rp16,5 miliar. Sedangkan pada tahap awal sudah dicairkan Rp8,5 miliar.

Bila dana tahap awal sudah direlisasikan dalam bentuk pertanggungjawaban yang jelas, maka untuk tahap kedua dana akan dikucurkan dengan jumlah Rp8 miliar.

Denga demikian, seluruh keperluan untuk pelaksanaan pilkada tesebut dapat terpenuhi dan tidak menjadi kendala dalam pelaksanaannya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010