Medco gandeng Kansai Electric kembangkan pembangkit listrik swasta RI

Medco gandeng Kansai Electric kembangkan pembangkit listrik swasta RI

Ilustrasi: Sejumlah pekerja PT Medco Cahaya Geothermal bersiap mengerjakan proyek pengeboran perdana Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Desa Blawan, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/SENO)

Jakarta (ANTARA) - PT Medco Energi Internasional Tbk mengumumkan penandatanganan aliansi strategis antara anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya yaitu PT Medco Power Indonesia dengan Kansai Electric Power Company.

Melalui aliansi ini Medco Power dan Kansai Electric akan membentuk unit usaha baru dengan menyatukan keahlian teknis Kansai Electric dengan pengalamannya dalam mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit listrik di Indonesia untuk menghasilkan Pembangkit Tenaga Listrik Independen Berbahan Bakar Gas (Gas IPP) dan jasa Operasi dan Pemeliharaan (O&M).

Baca juga: Medco Energi hadapi tantangan penurunan permintaan energi

CEO Medco Energi Roberto Lorato, dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, menyampaikan kolaborasi teknis dan finansial antara Medco Power dan Kansai Electric ini akan membuka potensi dan pengembangan perusahaan pada sektor Ketenagalistrikan di Indonesia.

Sementara itu Presiden Direktur Medco Power Eka Satria menyampaikan aliansi dengan Kansai Electric akan memperkuat kapabilitas Medco Power untuk terus mengembangkan bisnis Gas IPP dan O&M di Indonesia melalui penerapan teknologi terkini dengan standar internasional.

Baca juga: PHE - Medco E&P Simenggaris pasok gas ke kilang mini LNG di Kaltara

Didirikan pada tahun 2004, Medco Power adalah salah satu produsen listrik independen di Indonesia untuk tenaga listrik berbahan bakar gas dan energi terbarukan. Medco Power memiliki kapasitas bruto lebih dari 3,3 GW dalam bisnis gabungan IPP dan O&M di 18 lokasi di Indonesia.

Kansai Electric adalah salah satu perusahaan listrik terbesar di Jepang dengan lini bisnis mulai dari pengadaan bahan bakar, pembangkit listrik, penjualan, dan jasa. Kansai Electric beroperasi di 13 negara yang tersebar di Asia, Eropa, dan AS, dengan total kapasitas pembangkit 33,5 GW.

Baca juga: Medco E&P tingkatkan produksi migas jaga ketahanan energi

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar