Sumber (ANTARA News) - Jalan tol Kanci-Pejagan yang menghubungkan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dan Brebes, Jawa Tengah, diresmikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa 26 januari 2010.

"Secara operasional, rambu-rambu lalu lintas dan semuanya sudah siap tinggal diresmikan oleh Presiden SBY besok," kata Presiden Director PT Bakrie Toll Road Harya Mitra Hidayat kepada wartawan, Senin.

Harya menguraikan, Presiden SBY akan meresmikan jalan tol Trans Jawa yang pertama kali dibangun ini sekitar pukul 10.00 WIB sekaligus menandatangani prasasti peresmian sejumlah proyek nasional lain.

Harya melanjutkan, yang berbeda dari proyek jaln tol lain, pada tol Kanci-Pejagan ada pemberdayaan kemitraan antara pihaknya dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di dua kabupaten pada dua provinsi itu.

"Konsep kami yang baru adalah pemberdayaan UMKM di dua kabupaten yang dilintasi yaitu Cirebon dan Brebes. Kami membangun rest area yang menyajikan produk-produk unggulan dua kabupaten tersebut untuk suvenir pengguna tol," lanjut Harya.

Berdasarkan pantauan, berbagai persiapan seremonial peresmian sudah dipersiapkan pihak pengembang di gerbang tol Kanci-Pejagan di Desa Mertapada Kabupaten Cirebon.

Sejumlah tenda ukuran besar telah terpasang di beberapa titik tak jauh dari gerbang tol, sementara di sepanjang ruas jalan tol sejumlah kendaraan panitia dan protokoler mondar-mandir.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010