Banda Aceh (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Afrika Selatan (Afsel) untuk Indonesia, Robert Y Noel, melakukan kunjungan kerja dan bertemu dengan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa`aduddin Djamal, di Banda Aceh, Selasa.

Dalam kunjungan itu, Illiza memaparkan bahwa Kota Banda Aceh yang beberapa waktu lalu tertimpa musibah tsunami, saat ini sedang berbenah diri dalam mewujudkan program "Banda Aceh Bandar Wisata Islami" dan program Visit Banda Aceh Year 2011.

Pertemuan itu juga dihadiri Sekda Kota Banda Aceh, T Saifuddin, para asisten, Kadis Kesehatan Media Yulizar, Kadisdikpora Sofyan Sulaiman, Kadishubkominfo Auli Amri, dan Kabag Humas Drs Mahdi.

Robert Y Noel mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan Pemko Banda Aceh terhadap kedatangannya yang pertama kali ke ibukota Provinsi Aceh itu.

"Kunjungan ini adalah kunjungan kerja pertama ke Banda Aceh selama menjabat sebagai Dubes Afsel untuk Indonesia," kata Robert Y Noel.

Pertemuan tersebut memunculkan beberapa ide kerjasama yang bakal dijalin antara Afsel dan Pemerintah Kota Banda Aceh, di antaranya kerjasama bidang pendidikan, kesehatan, trafficking (perdagangan manusia), dan persoalan sampah.

Ia berharap dengan kedatangannya ke Banda Aceh itu akan membuat hubungan antara Afsel dan Aceh khususnya Banda Aceh ke depan akan lebih baik lagi.

Dalam pertemuan itu, Noel juga menyinggung persoalan Apartheid yang melanda Afsel beberapa tahun yang lalu.

Ia mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Indonesia khususnya Pemerintah Kota Banda Aceh yang mayoritas rakyatnya muslim atas dukungannya terhadap penyelesaian konflik tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010