Gaun pengantin Putri Beatrice akan dipajang di Istana Windsor

Gaun pengantin Putri Beatrice akan dipajang di Istana Windsor

Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi meninggalkan Kapel The Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge setelah pemberkatan pernikahan mereka di Windsor, Inggris. Foto pernikahan resmi ini dirilis oleh Royal Communications pada 18 Juli 2020. (ANTARA/ Reuters/ Benjamin Wheeler) (ANTARA/ Reuters/ Benjamin Wheeler)

Jakarta (ANTARA) - Gaun pengantin cucu Ratu Elizabeth II, Putri Beatrice, memiliki sejarah tersendiri sehingga pihak kerajaan berencana untuk memajang gaun itu di Istana Windsor.

Putri Beatrice menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada 17 Juli lalu, dengan mengenakan gaun klasik milik Ratu Elizabeth. Gaun rancangan Sir Norman Hartnell itu dikenakan oleh Ratu Elizabeth dalam sebuah acara kenegaraan di tahun 1961.

Sesuai dengan tradisi keluarga kerajaan, gaun-gaun rancangan Hartnell akan dipajang di Istana Windsor supaya dapat dilihat secara langsung oleh para pengunjung, menurut laporan Pagesix, dikutip Selasa.

Baca juga: Menikah diam-diam, Putri Beatrice kenakan gaun tua Ratu Elizabeth

Baca juga: Putri Beatrice menikah dengan hanya dihadiri 20 tamu


Gaun berwarna putih gading dari bahan taffeta itu dilengkapi dengan trim dari bahan satin pada bagian rok, dan dihias dengan bordir buatan tangan serta taburan kristal pada bagian dada.

Untuk pernikahannya, Putri Beatrice mengubah gaun itu dengan menambahkan tali bahu, lengan puff yang tembus pandang, serta tambahan bordir di sekitar pinggang. Perombakan gaun itu dilakukan di bawah pengawasan Angela Kelly, kurator untuk busana dan kamar rias pribadi Ratu, serta perancang busana Stewart Parvin.

Pernikahan putri Beatrice diadakan secara tertutup dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti jarak sosial, setelah pasangan itu harus membatalkan pernikahan mereka di bulan Mei akibat merebaknya pandemi virus corona.

Upacara pernikahan berlangsung di Royal Chapel of All Saints di Royal Lodge, yang hanya dihadiri oleh kerabat dekat kedua mempelai, termasuk Ratu dan Pangeran Philip.

Sesuai tradisi Eropa, seorang pengantin harus mengenakan "sesuatu yang dipinjam" dan Beatrice benar-benar meminjam sesuatu yang sangat ekstrem untuk hari besarnya. Dia mengenakan tiara yang sama dengan tiara yang dikenakan oleh Ratu pada hari pernikahannya di tahun 1947.

Selain itu Beatrice mengenakan sepatu yang dipesan khusus dari rumah mode Valentino, yang sebelumnya pernah dia kenakan beberapa kali termasuk ketika menghadiri pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton di tahun 2011.

Sepatu ini nantinya juga akan dipamerkan di Istana Windsor.

Busana pernikahan Putri Beatrice ini akan dipamerkan di Istana Windsor mulai 23 September hingga 22 November 2020.

Baca juga: Sejarah di balik buket bunga myrtle di "Royal Wedding" Putri Beatrice

Baca juga: Corona, Putri Beatrice batalkan rencana pernikahannya

Baca juga: Istana Buckingham umumkan tanggal pernikahan Putri Beatrice

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Taklukkan Papua, Tim Tenis Putri Jatim lawan Jakarta di final

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar