Washington, (ANTARA News) - Ekonomi-ekonomi berkembang di Asia diperkirakan mengalami percepatan pertumbuhan pada 2010, dipimpin oleh perkiraan tingkat pertumbuhan 10 persen oleh China, IMF memproyeksikan Selasa karena kawasan cepat pulih dari penurunan global.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengurangi kekhawatiran pasar tentang risiko langsung pertumbuhan China karena Beijing memperketat likuiditas di tengah melonjaknya inflasi dan rekor tinggi pinjaman bank, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dalam "World Economic Outlook" terbaru yang dirilis Selasa, yang berbasis di Washington mengatakan ekonomi-ekonomi berkembang Asia diperkirakan tumbuh rata-rata 8,4 persen tahun ini dan juga pada 2011, dibanding 6,5 persen pada 2009.

China, pendorong pertumbuhan global tradisional, mungkin mengirim pertumbuhan 10 persen tahun ini, kata IMF, menaikkan satu persen poin dari proyeksinya 9,0 persen yang dibuat pada Oktober.

Tapi IMF mengatakan, pertumbuhan ekonomi di negara yang paling padat penduduknya di dunia itu bisa melambat 9,7 persen tahun depan. Ekonomi China tumbuh 8,7 persen pada 2009.

Produk domestik bruto (PDB) China, ukuran luas output barang dan jasa suatu negara, kembali ke pertumbuhan dua digit pada kuartal keempat 2009 pada posisi 10,7 persen, pihak berwenang China mengatakan pekan lalu.

Kecepatan itu melampaui target pemerintah delapan persen, tingkat yang dianggap penting untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan mencegah kerusuhan sosial di perkotaan China yang berpenduduk 1,3 miliar orang.

Tapi peningkatan inflasi, bersama dengan pengawasan ketat pemerintah pada pinjaman bank dan kenaikan biaya pinjaman, telah mempertahankan pasar gelisah dalam beberapa pekan terakhir di tengah kekhawatiran bahwa pelambatan ekonomi China bisa meredam pemulihan global.

Jorg Decressin, kepala divisi studi ekonomi dunia IMF, mengesampingkan risiko langsung di China, dalam media briefing setelah merilis laporan.

"Tidak ada yang serius risiko gelembung pasar," katanya.

IMF berkata "negara-negara berkembang utama di Asia memimpin pemulihan global" karena kawasan ini menjadi yang pertama pulih dari penurunan global yang berasal dari krisis keuangan terburuk dalam beberapa dasawarsa.

India diperkirakan bergabung dengan China dalam memberikan dorongan untuk pertumbuhan di Asia tahun ini dan pada 2011, kata IMF.

India akan membukukan pertumbuhan 7,7 persen pada 2010, katanya, merevisi naik 1,3 persentase poin perkiraan sebelumnya.

Pada Desember, Menteri Keuangan India Pranab Mukherjee memberikan prospek paling bergairah (bullish) untuk ekonomi India, mengatakan pertumbuhan akan hampir 8,0 persen dalam tahun fiskal yang berakhir 31 Maret.

Negara berpenduduk paling padat kedua di dunia ini juga diperkirakan tumbuh 7,8 persen tahun depan setelah mengelola pertumbuhan 5,6 persen tahun lalu, menurut proyeksi IMF.

Jepang adalah menyeimbangkan untuk muncul dengan pertumbuhan 1,7 persen pada 2010 -- tidak berubah dari perkiraan terakhir -- setelah kontraksi tajam 5,3 persen tahun lalu, IMF mengatakan, menambahkan bahwa perekonomian terkaya di Asia itu dapat mempercepat pertumbuhan menjadi 2,2 persen tahun depan.

IMF juga mengatakan bahwa perekonomian Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand diperkirakan tumbuh pada sedikit lebih baik rata-rata 4,7 persen pada 2010 dari 1,3 persen tahun lalu.

Proyeksi pertumbuhan Asia adalah di atas untuk ekonomi berkembang dunia sekitar enam persen pada 2010 setelah dua persen tahun lalu.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010