Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Negara KUKM RI dan Kementerian Ekonomi dan Pembangunan Republik Demokratik Timor Leste di Jakarta, Rabu, menandatangani memorandum saling pengertian untuk mengembangkan KUKM.

Menteri Negara Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan bersama Menteri Ekonomi dan Pembangunan Republik Demokratik Timor Leste Joao Mendes Goncalves menandatangani naskah kesepakatan kerja sama di bidang ekonomi.

Kesepakatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kerja sama ekonomi bilateral antara para pihak berdasarkan persamaan dan saling menguntungkan antar KUKM. Apalagi peran KUKM selama ini sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi ke dua negara.

KUKM disadari sangat memerlukan perluasan dan perkuatan kerja sama. Ke dua negara melalui pejabat masing-masing berencana meningkatkan pengembangan kerja sama ekonomi bilateral berdasarkan persamaan dan saling menguntungkan antara pelaku koperasi dan usaha kecil menengah (KUKM).

Karena itu ke dua negara mengakui perlunya kerja sama untuk memperluas dan memperkuat hubungan saling menguntungkan. Kerja sama ini dilakukan dengan pertimbangan komunike bersama mengenai pembukaan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Timor Leste yang ditandatangani di Jakarta, 2 Juli 2002.

Hubungan ekonomi ini juga sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara masing-masing. Sedangkan tujuan kerja sama melalui penandatanganan kesepakatan bersama ini untuk mendorong dan memajukan kontribusi bagi pembentukan hubungan saling menguntungkan dalam pengembangan koperasi dan UKM.

Kegiatan itu akan dilakukan melalui pertukaran informasi, fasilitasi kerja sama, menyediakan peluang bagi KUKM masing-masing, mendukung pertemuan untuk peningkatan dan partisipasi masing-masing perwakilan serta menyediakan dukungan bagi KUKM untuk akses usaha di ke dua Negara. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010