Tokyo (ANTARA News/AFP) - Harga saham Jepang dibuka lebih rendah Jumat, dengan patokan indeks Nikkei-225 turun 106,24 poin, atau 1,02 persen, menjadi 10.308,05 dalam menit-menit pertama perdagangan menyusul penurunan di Wall Street, kata para pedagang.

Saham-saham AS jatuh Kamis malam karena sektor teknologi tertekan oleh lemahnya proyeksi dari Qualcomm dan meningkatnya kegelisahan ekonomi setelah komentar dari Standard & Poor`s terhadap bank-bank Inggris.

Pasar juga memberikan respons hangat terhadap komentar ekonomi dalam pidato kenegaraan Presiden AS Barack Obama, karena ia menekankan untuk lebih berupaya menciptakan lapangan kerja dan juga memerintahkan mengurangi pengeluaran.

Dow Jones Industrial Average merosot 115,70 poin (1,13 persen) menjadi 10.120,46.

Indeks komposit Nasdaq merosot 42,41 poin (1,91 persen) menjadi 2.179,00 sementara indeks Standard & Poor`s 500 merosot 12,97 poin (1,18 persen) ke 1.084,53.

"Pasar tampak berderak oleh sebuah pernyataan S & P bahwa bank-bank Inggris tidak lagi di antara sistem perbankan yang paling "berisiko rendah"," kata penyiasat senior pasar ekuitas Wells Fargo Advisors, Scott Marcouiller.

"Kami tidak lagi menggolongkan Kerajaan Inggris di antara sistem perbankan global yang paling stabil dan berisiko rendah," S & P mengatakan dalam sebuah laporan.

Sebuah peringatan laba oleh Qualcomm menarik kelompok teknologi turun.

"Sektor teknologi tertekan di semua pasar dan tingkat kelemahannya sangat membebani sektor-sektor utama lainnya, sehingga mereka semua mencatat kerugian," kata para analis Briefing.com dalam sebuah catatan klien.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010