Kalau kita melihat khusus untuk DKI Jakarta tingkat kesembuhannya sekitar 75,2 persen
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi (PCPEN) Airlangga Hartarto mengungkapkan tingkat kesembuhan COVID-19 di DKI Jakarta sekitar 75,2 persen.

"Kalau kita melihat khusus untuk DKI Jakarta tingkat kesembuhannya sekitar 75,2 persen," ujar Airlangga dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Menko Perekonomian, pemerintah menyadari bahwa dalam penanganan COVID-19 ini, Indonesia secara keseluruhan yang sembuh berjumlah 71,5 persen dan untuk case fatality rate sekitar 4,1 persen.

"Pemerintah pusat memberikan perhatian serius terhadap perkembangan situasi dan selalu meningkatkan kapasitas rumah sakit serta fasilitas kesehatan," katanya.

Dengan demikian peningkatan rumah sakit dan fasilitas kesehatan tersebut juga akan terus ditambah fasilitasnya termasuk memanfaatkan hotel seperti yang dicontohkan di Sulawesi Selatan, serta memanfaatkan juga ruang isolasi mandiri di Wisma Atlet, karena Wisma Atlet juga mempersiapkan baik di tower 5, 6 maupun khusus bagi pekerja dari luar negeri di tower 7 dan 8.

Fasilitas-fasilitas ini juga mempersiapkan dari segi jumlah tempat tidur terus ditingkatkan, dan di samping itu juga pemerintah mendorong agar rumah sakit-rumah sakit di DKI Jakarta untuk dilakukan relaksasi terhadap pasien-pasien yang posisinya sudah hampir sembuh dan masih dalam tahap observasi di mana di Wisma Atlet fasilitasnya tersedia.

"Tentunya kita mengharapkan seluruh kegiatan-kegiatan ini bisa untuk menekan penyebaran COVID dan juga pemerintah menegaskan bahwa tidak ada kapasitas kesehatan yang terbatas," kata Menko Perekonomian.

Airlangga juga menyampaikan bahwa Pemerintah sudah memiliki dana yang cukup dan pemerintah akan terus menambah kapasitas tempat tidur sesuai dengan kebutuhan serta meyakinkan seluruh daerah termasuk DKI Jakarta, kapasitas pelayanan kesehatan akan terus dimaksimalkan oleh pemerintah.

Pernyataan tersebut merupakan salah satu hasil rapat koordinasi yang dilakukan antara komite PCPEN bersama delapan gubernur, yang turut dihadiri Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dari komite PCPEN selain Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, turut hadir Menko Maritim dan Investasi, Menkopolhukam, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Mendagri, Wakapolri, Wakasad serta seluruh tim dari Komite PCPEN.

Baca juga: Puan minta pemerintah pusat-daerah perkuat koordinasi atasi COVID-19
Baca juga: Erick Thohir ajak kontestan pilkada bantu pemerintah tekan kasus COVID

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020