Satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Belitung meninggal

Satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Belitung meninggal

Proses pemakaman pasien positif COVID-19 di Kabupaten Belitung dengan protokol COVID-19 (babel.antaranews.com/kasmono)

Pasien tersebut telah dimakamkan pada Kamis ini pukul 07.00 WIB
Belitung,Babel (ANTARA) - Satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berinisial Jun (61) laki-laki meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif selama empat hari di ruang isolasi pasien COVID-19 RSUD Marsidi Judono Belitung.

"Pasien meninggal pada 10 September pukul 01.45 WIB setelah dilakukan perawatan intensif," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Kamis.

Baca juga: Bangka Belitung canangkan tes usap COVID-19 di lapas narkotika

Menurut dia, pasien Jun (61) merupakan pasien positif COVID-19 ke-29 di daerah itu datang ke UGD RSUD Marsidi Judono pada 3 September 2020 dengan diagnosa kencing manis dan infeksi saluran kemih.

"Pada 7 September 2020 pasien dites cepat karena ada gejala sesak dan demam dengan hasil reaktif sehingga pasien langsung dipindahkan ke ruang isolasi ICU," ujarnya.

Kemudian, lanjut Sahani, terhadap pasien dilakukan pengambilan sampel usap tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan tes PCR pertama pada 7 September 2020 dan yang kedua pada 8 September 2020.

Baca juga: Seluruh pasien positif COVID-19 di Kabupaten Belitung sembuh

Baca juga: Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Bangka Belitung tertular corona


"Pada 8 September 2020 laboratorium Biomedis RSUD Marsidi Judono mengeluarkan hasil tes usap PCR dengan alat TCM yang menyatakan bahwa pasien dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19," ujarnya.

Terhadap jenazah pasien COVID-19 tersebut telah dilakukan tindakan pemulasaran jenazah dan penguburan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku.

"Pasien tersebut telah dimakamkan pada Kamis ini pukul 07.00 WIB," katanya.

Baca juga: Dua petugas di Bandara Internasional Belitung positif COVID-19

Saat ini, kata dia, tim gugus tugas RSUD Marsidi Judono juga telah melakukan pemeriksaan kepada petugas kesehatan yang pernah kontak langsung atau pun berada satu ruangan dengan pasien tersebut sebanyak 31 orang di mana 15 orang di antaranya sudah dinyatakan negatif dengan dua kali pemeriksaan usap berturut-turut.

"Sisanya sedang dalam proses sementara itu terhadap keluarga inti pasien sejumlah enam orang juga sudah dilakukan pemeriksaan usap dan hasilnya sedang dalam proses," ujarnya.

Baca juga: Satu pelajar dan ABK kapal di Belitung positif COVID-19, sebut GTPP

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tiga pasien COVID-19 Babel meninggal, pasien positif bertambah 79 orang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar