Surabaya (ANTARA News) - Pebulu tangkis Pelatnas Sony Dwi Kuncoro menyelamatkan muka tuan rumah Jawa Timur, saat merebut gelar juara tunggal putra Yonex Sunrise Kejuaraan Nasional 2009 di Surabaya, Sabtu malam.

Pada laga final di GOR Sudirman Surabaya, Sony yang menempati unggulan kedua menang "straight set" 21-17, 22-20 atas Andre Kurniawan Tedjono asal Jawa Tengah.

Gelar tunggal putra dari Sony Dwi Kuncoro menjadi satu-satunya gelar yang direbut tuan rumah Jatim di kejuaraan perorangan taruna dan dewasa ini.

"Saya puas bisa mempersembahkan gelar buat Jatim, setelah tidak bisa tampil di PON," kata Sony usai pertandingan.

"Kemenangan di kejurnas ini menjadi modal buat saya untuk menghadapi serangkaian turnamen pada tahun ini," tambah peraih medali perunggu Olimpiade 2004 itu.

Sebagai juara, Sony Dwi Kuncoro berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp17,5 juta, ditambah bonus khusus yang disiapkan Pengprov PBSI Jatim sebesar Rp50 juta.

"Bonus itu sebagai bentuk apresiasi PBSI Jatim atas prestasi Sony, karena dia juga mengangkat nama Jatim," kata Ketua Pengprov PBSI Jatim Yacob Rusdianto usai penyerahan hadiah.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010