Palu (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Pramono Anung menyatakan partainya tidak ingin larut dalam isu pemakzulan Presiden dan Wakil Presiden seperti santer diberitakan media saat ini.

"PDI Perjuangan tidak pernah mengisukan pemakzulan terkait kasus Bank Century. Kami masih menunggu hasil keputusan Pansus soal itu," kata Pramono Anung sebelum membuka Konferda III PDI Perjuangan Sulawesi Tengah di Palu, Minggu.

Dia juga mengatakan PDI Perjuangan tidak mempunyai kepentingan apa pun dalam kasus ini, melainkan hanya ingin menguak kebenaran.

Menurutnya, isu pemakzulan berasal dari kekuatan pemerintah itu sendiri. "Karena itu, kami tidak mau membicarakan isu itu," tegasnya.

Dia juga menegaskan bahwa PDI Perjuangan bukanlah parpol bermuka dua yang tidak mempunyai pendirian. "PDI Perjuangan tetap fokus sebagai oposan yang mengeritik kebijakan pemerintah yang dinilai tidak prorakyat."

Sebelumnya di tempat terpisah, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan pemakzulan terhadap Presiden dan Wakilnya adalah tidak mudah, meski misalnya Pansus sudah membuktikan bahwa ada aturan yang dilanggar.

"Pansus harus berkonsultasi kepada MK apakah hal itu bisa dibuktikan secara hukum atau tidak. Jadi, tidak mudah melakukan pemakzulan itu," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010