Surabaya (ANTARA News) - Gelar Lomba Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan komunikasi (Gemastik) III 2010 yang digelar di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya April Mendatang, akan diisi dengan lomba desain web.

"Lomba desain web itu merupakan hal baru dalam Gemastik, karena Gemastik II di Kota Bandung tidak ada," kata Ketua Panitia Gemastik III/2010 Muchamad Husni MKom di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Ia mengatakan, Gemastik III hanya diikuti delapan lomba, seperti lomba piranti cerdas, lomba aplikasi, lomba keamanan jaringan, serta lomba karya tulis bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

"Adanya lomba desain web itu bertujuan meningkatkan kreativitas pemuda dalam mendesain web. Saat ini, desain web semakin populer, karena itu kita menambah satu lomba pada Gemastik III," katanya.

Dengan adanya materi lomba baru itu, katanya, panitia berharap peserta Gemastik III bisa meningkat. "Pada Gemastik II, peserta hanya 2.000 orang, karena itu kami berharap peserta Gemastik III melebihi 2.000 orang," katanya.

Selain itu, panitia juga akan mengurangi kompleksitas materi lomba agar bisa diikuti peserta dari Indonesia bagian timur.

"Kompleksitas materi lomba yang akan dikurangi adalah lomba keamanan jaringan yang setiap peserta akan diberi tugas untuk membuat sebuah sistem operasi keamanan yang bisa diaplikasikan di web server seperti sebuah blog atau forum," katanya.

Dalam lomba desain web, setiap kelompok yang akan mengikuti lomba diharuskan untuk mengirimkan proposal desain web yang akan dirancang.

Dari proposal tersebut nanti akan diseleksi. Bagi peserta yang proposal desain web cukup bagus, maka akan diberi kesempatan "upload" (mengunggah/menaikkan) website untuk mengetahui daya tarik pengunjung.

"Web peserta yang mempunyai banyak pengunjung akan diberi kesempatan mengikuti babak final," katanya.

Menurut dia, panitia akan berusaha menjaga kredibilitas penilaian dengan melibatkan juri lomba dari UI, UGM, ITB, dan masyarakat pengguna internet.

"Gemastik merupakan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Dikti untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfatannya di Indonesia," katanya.

Ia menambahkan Gemastik III merupakan kompetisi yang diselenggarakan pada bulan April hingga Oktober dengan pendaftaran pada awal April.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010