Pelindo IV lakukan modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar

Pelindo IV lakukan modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar

Suasana peresmian perdana modernisasi Pelabuhan Benteng di Selayar oleh PT Pelindo IV untuk memajukan ekonomi daerah. ANTARA Foto/ HO/Humas Pelindo IV

Modernisasi ini dilakukan untuk mendorong peningkatan ekonomi di Kabupaten Selayar
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan modernisasi Pelabuhan Benteng di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman dengan Pemkab Selayar.

"Modernisasi ini dilakukan untuk mendorong peningkatan ekonomi di Kabupaten Selayar," kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan peresmian perdana modernisasi Pelabuhan Benteng ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Perseroan dengan Pemkab Selayar beberapa waktu lalu melalui anak usaha Pelindo IV, SBU Intan Terminal Petikemas Indonesia Timur.  

Baca juga: Pelindo IV optimalkan layanan logistik di tengah pandemi COVID-19

Sementara itu, General Manager SBU Intan Terminal Petikemas Indonesia Timur, Jusuf Junus mengatakan, pihaknya mengembangkan Pelabuhan Benteng, Selayar adalah bagian dari perbaikan metode tol laut yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya pada 30 Agustus 2020, lanjut dia, pelabuhan ini sudah melayani kegiatan bongkar muat (BM) sebanyak 2 unit reefer container dan 25 unit dry container yang diangkut oleh KM Semangat Mas.

Baca juga: Pelindo IV bidik kerja sama ekspor dan pariwisata dengan Selayar

Jusuf mengatakan, pihaknya sudah meresmikan modernisasi Pelabuhan Selayar bertepatan dengan pembongkaran 20 kontainer dan 15 kontainer diantaranya berisi komoditas kelapa dan turunannya, yaitu kopra dan arang, serta 2 kontainer berisi hasil laut seperti ikan.

Sebanyak 15 kontainer itu dibawa ke Surabaya dan hasil laut yang 2 kontainer dikirim ke Jakarta untuk diekspor ke luar negeri.

Dengan kegiatan bongkar muat ini, Lanjut Jusuf, pihaknya menargetkan dalam sebulan dapat mengisi lapangan penumpukan seluas 2.000 meter persegi di Pelabuhan Benteng dengan 100 TEUs kontainer setiap bulannya.

Baca juga: Pelindo IV aktifkan layanan bongkar muat Pelabuhan Bitung


 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pembangunan Makassar New Port capai 54,12 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar