Padang (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membangun koalisi untuk mengusung calon gubernur (Cagub) Sumbar dalam pemilihan kepala daerah tahun 2010, kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Sumbar, Alexander L Lukman, usai acara Konfrensi Cabang PDI P III di Padang, Minggu (7/2).

"Untuk mengusung Cagub Sumbar, PDI Perjuangan melakukan koalisi dengan beberapa partai", kata Alexander.

Menurutnya, untuk mengulang kesuksesan tahun 2005 dengan mengantarkan calon yang diusungnya menjadi Gubernur (duet Gamawan-Marlis), PDIP telah menyiapkan langkah-langkah strategis yakni dengan berkoalisi.

"Sama dengan pada tahun 2005, PDI Perjuangan kembali akan berkoalisi dengan PBR juga ditambah dengan PPP",terangnya seraya menyebutkan bahwa koalisi tiga partai bernama Persatuan Perjuangan Reformasi (P2R).

Alexander mengakui ada nota kesepahaman yang belum ditandatangani di depan notaris, karena Ketua DPD PPP Sumbar, Epiardi Asda masih berada di Jakarta, "Semua sudah beres, cuma menunggu ketua PPP saja, beliau kan anggota DPR RI jadi sedikit sibuk" jelas Alex.

Menyangkut calon yang bakal diusung P2R, Alex L. Lukman, menjelaskan bahwa koalisi ini akan membuka penerimaan calon. "Proses ini memang terlambat dibanding partai lain, tapi P2R lebih memfokuskan dulu kesamaan flatform partai yang berkoalisi, setelah itu baru penentuan calon",ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk calon yang akan didukung PDI Pejuangan bersama koalisi nantinya, harus memenuhi beberapa kriteria mutlak, yakni fokus di bidang pendidikan, pertanian dan perkebunan, serta mempunyai komitmen yang jelas dengan partai pendukung.

Dia menambahkan, PDI Perjuangan tetap akan memberikan porsi kepada "incumbent" (Marlis Rahma) jika berniat untuk kembali maju dalam pemilihan mendatang.

"Kita tetap menjaga komitmen dengan calon yang pernah kita usung, akan tetapi keputusan tetap berlandaskan kepada hasil tim koalisi," jelas Alex.

KR-ZON/E001/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010