Washington (ANTARA News/Reuters) - Sedikitnya dua orang tewas dan puluhan lain terluka Minggu ketika ledakan hebat menghancurkan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) yang sedang dibangun di Middletown, Connecticut, kata polisi.

Stasiun CBS setempat WFSB melaporkan di situs beritanya, lebih dari 250 orang dikhawatirkan cedera. Puluhan ambulan dan sejumlah helikopter segera dikerahkan ke lokasi kejadian di PLTG Kleen Energy di daerah pinggiran Sungai Connecticut.

Ledakan itu terjadi menjelang pukul 11.30 waktu setempat (pukul 23.30 WIB) selama pengujian di PLTG berdaya 620 megawatt itu, yang akan beroperasi pada musim panas.

Petugas penyelamat mengatakan bahwa sedikitnya 100 orang cedera, empat diantaranya kritis, dan dua orang tewas, menurut situs surat kabar Hartford Courant.

"Ada tubuh di mana-mana," kata seorang saksi.

Satu saksi lain mengemukakan bahwa banyak korban terkubur di bawah puing-puing.

Kevin White, seorang polisi Middletown, mengatakan kepada Reuters, ia tidak tahu berapa orang yang berada di lokasi tersebut pada saat itu, namun ada "banyak korban".

Petugas pemadam kebakaran Cliff Seifert memastikan bahwa banyak korban dalam ledakan itu.

Pejabat penanganan darurat negara bagian Betsy Hard mengatakan, pihak berwenang setempat telah meminta pemerintah negara bagian untuk membantu dan memanggil tim SAR kota.

Middletown, sebuah kota pelajar, terletak 37 kilometer sebelah selatan Hartford, ibukota negara bagian itu.

Ledakan tersebut dirasakan hingga East Haven, yang berjarak 48 kilometer, dan asap hitam terlihat hingga jarak beberapa kilometer.

"Saya merasa tanah bergetar dan berpikir bahwa ada pohon yang roboh di daerah berdekatan," kata Ethan Goller, yang pada saat itu sedang berkerja di garasinya di Ivoryton, 12 kilometer dari Middletown.(M014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010